Berlayar dari Kupang ke Lombok, Bule Australia Alami Luka Sayat

Minggu, 23 Juli 2023 - 09:05 WIB
loading...
Berlayar dari Kupang ke Lombok, Bule Australia Alami Luka Sayat
Basarnas mengevakuasi bule Australia yang mengalami cidera saat berlayar dari Kupang NTT ke Lombok NTB di Perairan Kota Baru, Ende. Foto/MPI/Joni Nura
A A A
MAUMERE - Wisatawan asal Australia mengalami cedera saat berlayar dari Kupang NTT ke Lombok NTB di Perairan Kota Baru, Ende. Beruntungnya, Tim SAR berhasil mengevakuasi korban yang terluka sayat.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menerima langsung informasi dari BCC (Basarnas Command Center) Jakarta bahwa ada seorang wisatawan asal Australia yang menggunakan Yacht SV membutuhkan pertolongan.

Berlayar dari Kupang ke Lombok, Bule Australia Alami Luka Sayat


Kofikat untuk berlayar dari Kupang menuju Lombok membutuhkan Medevac (Medical Evacuation) di Perairan Batoga Kota Baru, Kabupaten Ende sekitar 16 Nautical Mile dari Pelabuhan Wuring Maumere Kaupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.



“Kami menerima laporan Basarnas Command Center bahwa Kapal Yacht SV Kofikat yang ditumpangi 3 orang wisatawan mengalami luka sayat pada bagian kaki dan perlu tindakan medis,” kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan, Minggu (23/7/2023).

Menurut dia, wisatawan tersebut bernama Euan Ross Mc Kinnon seorang pria usia 57 Tahun asal Australia. “Pukul 22.00 WITA, Tim SAR langsung menuju lokasi kejadian dengan menggunakan kapal RIB (Rigid Inflantable Boat) Kantor Basarnas Maumere,” ucapnya.



Mereka sampai 00.15 WITA di Kapal Yacht tersebut dan langsung bertemu korban dengan kondisi luka sayatan korban sudah diperban dahulu, Tim SAR langsung membawa Korban menuju RSUD T.C. Hiller Maumere untuk penangan medis lebih lanjut.

”Pukul 02.30 Wita Tim SAR Gabungan tiba di Pelabuhan Lauren Say Maumere dan langsung dibawa ke RSUD T.C Hillers menggunakan Pelabuhan KKP Lauren Say Maumere. Saat ini korban mendapatkan perawatan,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)