Wayne Gardner Sarankan Marc Marquez Segera Pensiun dari MotoGP

Sabtu, 22 Juli 2023 - 02:02 WIB
loading...
Wayne Gardner Sarankan Marc Marquez Segera Pensiun dari MotoGP
Wayne Gardner Sarankan Marc Marquez Segera Pensiun dari MotoGP
A A A
WOLLONGONG - Mantan bintang MotoGP, Wayne Gardner, menyarankan Marc Marquez untuk segera pension dari MotoGP. Sebab menurutnya, masa jaya Marquez telah lewat karena saat ini telah banyak hal yang berubah, terutama dari segi mentalitasnya.

Selepas menyabet gelar keenamnya di MotoGP pada 2019 lalu, The Baby Alien -julukan Marquez- mengalami berbagai penderitaan mulai dari cedera panjang setelah kecelakaan di Sirkuit Jerez pada 2020 silam hingga performa motor Honda yang pada musim 2023 ini semakin melemah. Dia pun belum sama sekali mencetak poin dari delapan balapan utama musim ini.



Selain itu, pembalap berusia 30 tahun itu juga sering kali terjatuh. Tercatat dia sudah kecelakaan 14 kali di paruh pertama musim ini, termasuk lima kali jatuh dalam waktu 40 jam di Sirkuit Sachsenring.

Alhasil, juara dunia delapan kali itu baru menorehkan 15 poin saja yang didapatnya dari sprint yang membuatnya terdampar di posisi 19 klasemen sementara MotoGP 2023. Dia pun mengakui bahwa dirinya saat ini berada dalam titik terendah dalam kariernya.

Melihat kondisi tersebut, Wayne Gardner pun memberikan nasihat untuk Marquez agar segera pensiun dari MotoGP. Sebab, dia telah sering mengalami cedera yang membuat mentalitasnya berubah sehingga dia hanya akan terus membuat dirinya terluka jika tetap kukuh melanjutkan kariernya.

"Saya berada dalam situasi yang sama dengan Marc, yaitu ketika Anda mengalami banyak cedera dan sulit untuk menang lagi. Mentalitas berubah, tubuh melemah dan semuanya menjadi lingkaran setan frustrasi,” kata Wayne Gardner dilansir Speedweek, Jumat (21/7/2023).

“Dalam pandangan saya, Marquez harus pensiun selagi dia bisa. Saya penggemar beratnya, tapi saya khawatir dia akan melukai dirinya sendiri jika dia mencoba untuk kembali,” tambahnya.

“Motornya telah berubah, pembalapnya harus jauh lebih muda. Dia sudah berusia 30 tahun dan mentalitasnya berbeda. Saya tidak mengatakan ini sebagai kritik, saya khawatir tentang kehidupannya di masa depan. Dia harus mengerti bahwa dia masih memiliki 50 tahun untuk hidup," tuturnya.

Lebih lanjut, Juara Dunia 500cc tahun 1987 itu menilai Marquez tak perlu lagi terlalu ambisius untuk memenangkan balapan karena sudah mengantongi delapan gelar juara dunia. Menurutnya, ini merupakan saat yang tepat bagi bintang asal Spanyol itu untuk menutup karier hebatnya di MotoGP.

“Memenangkan balapan lain setelah delapan gelar juara dunia seharusnya tidak menjadi prioritasnya sekarang. Saya pikir dia sudah melakukan cukup. Masalahnya adalah Marc memiliki semangat juang yang tinggi sehingga dia terus melaju semakin cepat hingga terjatuh,” jelas mantan pembalap asal Australia itu.

“Kita semua pernah mengalaminya dan suatu hari Anda bangun dan berkata pada diri sendiri, 'Mungkin sebaiknya Anda tidak mengambil risiko itu lagi dan menikmati sisa hidup Anda.' Begitulah cara saya melihatnya hari ini," pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)