Pejabat Belanda: 80 Militan ISIS Ada di Eropa dan Siapkan Serangan

Minggu, 20 November 2016 - 07:33 WIB
Pejabat Belanda: 80 Militan ISIS Ada di Eropa dan Siapkan Serangan
Pejabat Belanda: 80 Militan ISIS Ada di Eropa dan Siapkan Serangan
A A A
AMSTERDAM - Sekitar 60 hingga 80 militan ISIS ada di Eropa dan sedang mempersiapkan serangan. Demikian disampaikan Koordinator Nasional Belanda untuk Keamanan dan Kontraterorisme (NCTV), Dick Schoof.

Menurutnya, kelompok ISIS meminta puluhan militan itu untuk tidak pergi ke Timur Tengah. ”(Kelompok ISIS) meminta mereka untuk tidak datang ke Suriah dan Irak, namun untuk mempersiapkan serangan di Eropa,” kata Schoof kepada AP, yang dikutip Minggu (20/11/2016).

NCTV adalah unit yang bertanggung jawab untuk manajemen krisis, kontraterorisme, dan keamanan cyber di Belanda.

“Sejumlah militan teroris asing (dari Uni Eropa) belum berkembang selama enam bulan terakhir ini, tidak berarti bahwa ancaman potensial dari orang-orang yang akan bepergian menjadi berkurang,” kata Schoof memperingatkan.

Data dari NCTV menyatakan bahwa antara 4 ribu hingga 5 ribu warga Eropa menjadi militan teroris asing di Irak dan Suriah pada saat ini.

Schoof mengatakan, seiring meningkatnya operasi militer di Suriah dan Irak, secara tidak langsung akan menyebabkan peningkatan jumlah pengungsi yang juga membahayakan Uni Eropa.

”Kemungkinan serangan di Belanda adalah nyata,” ujarnya.”Kami telah melihat 294 militan teroris pergi ke luar negeri di Irak dan Suriah dan masih ada 190 militan di sana. Dan apa yang terjadi di Prancis dan Brussels dan Jerman bisa terjadi pada kami,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4759 seconds (0.1#10.140)