alexa snippet

Koalisi Arab Umumkan Gencatan Senjata Selama 48 Jam di Yaman

Koalisi Arab Umumkan Gencatan Senjata Selama 48 Jam di Yaman
Koalisi Arab umumkan gencatan senjata selama 49 jam di Yaman. Foto/Istimewa
A+ A-
SANA - Koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman mengumumkan diberlakukannya gencatan senjata di negara itu. Gencatan senjata itu dimulai hari ini, Sabtu (19/11/2016), pada tengah hari dan akan berlangsung selama 48 jam.

Dikutip dari BBC, koalisi Arab mengatakan gencatan senjata bisa diperpanjang jika kelompok Houthi mematuhinya dan mengizinkan bantuan untuk masuk ke daerah-daerah yang dikuasainya. Meski begitu, belum ada pernyataan resmi dari kelompok Houthi terkait hal ini.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, pada awal pekan ini mengatakan bahwa koalisi Arab dan Houthi telah menyepakati gencatan senjata yang akan dimulai pada Kamis. Tapi pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, yang dipimpin oleh Presiden diasingkan Abdrabbuh Mansour Hadi, menolak langkah itu dan mengeluhkan bahwa hal itu akan mudah dilanggar.

Baca juga:
Yaman Tolak Kesepakatan Damai yang Diinisiasi AS

Lebih dari 10 ribu orang telah tewas dalam perang saudara yang telah berlangsung selama 20 bulan di negara itu. PBB memperkirakan bahwa lebih dari tiga juta orang telah mengungsi akibat konflik ini dan 21 juta lainnya membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Dua juta orang kekurangan gizi nasional, termasuk 370.000 anak-anak yang mengalami kekurangan gizi.

Konflik juga telah menghancurkan sistem kesehatan Yaman. Lebih dari setengah fasilitas kesehatan negara tersebut ditutup atau hanya berfungsi sebagian, sebuah survei yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia ditemukan awal bulan ini.



(ian)
dibaca 7.710x
loading gif
Top