Vietnam Perluas Landasan Pacu di Laut China Selatan

Jum'at, 18 November 2016 - 10:47 WIB
Vietnam Perluas Landasan Pacu di Laut China Selatan
Vietnam Perluas Landasan Pacu di Laut China Selatan
A A A
HANOI - Vietnam dilaporkan memperluas landasan pacu di sebuah pulau yang diklaimnya di Laut China Selatan (LCS). Perluasan itu sebagai tanggapan atas kebijakan China membangun fasilitas militer di pulau-pulau buatan di LCS, demikian laporan lembaga think tank Amerika Serikat (AS).

Gambar satelit yang diambil bulan ini menunjukkan Vietnam telah memperpanjang landasan pacu pada kepulauaun Spratly kurang dari 760 meter agar mencapai 1 km, begitu bunyi laporan Washington Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI). Menurut AMTI, Vietnam masih melakukan reklamasi yang kemungkinan akan membuat landasan pacu mempunyai panjang hingga 1,2 km.

Dikatakan bahwa peningkatan landasan pacu tersebut akan mampu menampung pesawat pengintai maritim, pesawat transportasi, dan pesawat tempur seperti dikutip dari Reuters, Jumat (18/11/2016).

Laporan itu juga mengatakan Vietnam telah menambahkan sekitar 23 hektar lahan untuk Kepulauan Spratly dalam beberapa tahun terakhir. Namun pekerjaan reklamasi tersebut masih sederhana jika dibandingkan dengan standar China.

China sendiri telah membangun landasan pacu militer pada tiga pulau buatan di Kepulauan Spratly yang telah dibangun di Laut China Selatan sejak 2013.

Reuters pada bulan Agustus lalu memberitakan bahwa Vietnam diam-diam telah membentengi beberapa pulaunya di Laut China Selatan. Vietnam menempatkan peluncur roket mobile yang mampu menyerang landasan pacu China dan instalasi militer di seluruh rute perdagangan penting.

Baca:
Vietnam Diam-diam Persenjatai Pulau Sengketa di LCS dengan Roket


Namun laporan itu dibantah oleh Kementerian Luar Negeri Vietnam yang menyebutnya sebagai informasi tidak akurat tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Baca:
Vietnam Bantah Sebar Peluncur Roket di Pulau Sengketa
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5308 seconds (0.1#10.140)