Eks Koruptor India Mantu Habiskan Hampir Rp1 T, Undangan Lapis Emas

Kamis, 17 November 2016 - 04:26 WIB
Eks Koruptor India Mantu Habiskan Hampir Rp1 T, Undangan Lapis Emas
Eks Koruptor India Mantu Habiskan Hampir Rp1 T, Undangan Lapis Emas
A A A
NEW DELHI - Politikus India yang merupakan mantan koruptor, Gali Janardhan Reddy, menggelar pesta pernikahan putrinya secara mewah di saat negara itu dilanda krisis uang tunai. Mantu mewah itu menghabiskan dana 5 miliar rupee atau sekitar Rp985 miliar (hampir Rp1 triliun) dengan kotak undangan berlapis emas.

Tak tanggung-tanggung, pesta pernikahan untuk putri Reddy; Brahmani dengan pasangannya Rajeev Reddy digelar lima hari. Menurut laporan BBC yang dikutip Kamis (17/11/2016), selain undangan dengan kotak berlapis emas, pernikahan mewah itu diramaikan dengan penampilan bintang-bintang Bollywood.

Para kritikus mengecam pernikahan mewah itu dengan menyebutnya sebagai ”tampilan cabul dari kekayaan” karena digelar di saat jutaan orang India antre panjang di bank dan ATM untuk menarik uang tunai yang langka.

Eks Koruptor India Mantu Habiskan Hampir Rp1 T, Undangan Lapis Emas


Gali Janardhan Reddy dikenal sebagai politikus mantan anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi. Dia pernah ditangkap pada 5 September 2011 dan menghabiskan empat tahun di penjara atas tuduhan korupsi sebelum dibebaskan dengan uang jaminan pada tahun lalu.

Publik dan media India bertanya-tanya, bagaimana bisa mantan koruptor itu bisa membiayai pernikahan mewah dengan biaya sangat besar.

Gali Janardhan Reddy mengaku bahwa dia menggadaikan properti di Singapura dan Bengaluru (kota di India) untuk mengumpulkan uang guna menggelar pernikahan mewah putrinya. Menurutnya, pembiayaan pernikahan itu sudah dia lakukan enam bulan lalu ketika rencana pernikahan dimulai.

Namun, pengakuan politikus itu tidak menghentikan kemarahan warga India di media sosial. Para netizen India yang marah mengejek pemborosan yang dilakukan politikus tersebut.

Pernikahan mewah itu digelar di Istana Bangalore dengan bangunan yang dipermak mirip candi Hindu kuno.

Gerobak sapi yang juga dihias mewah digunakan untuk mengangkut para tamu dari gerbang istana ke tempat mempelai. Puluhan penari disewa untuk meramaikan pesta pernikahan tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7486 seconds (0.1#10.140)