Koalisi Arab Sebut Houthi Sita 34 Kapal Bantuan

Jum'at, 11 November 2016 - 03:11 WIB
Koalisi Arab Sebut Houthi Sita 34 Kapal Bantuan
Koalisi Arab Sebut Houthi Sita 34 Kapal Bantuan
A A A
RIYADH - Juru bicara pasukan koalisi Arab mengatakan pemberontak Houthi telah memblokir pasukan batuan yang dibutuhkan menuju Yaman. Ia menyatakan bahwa sebanyak 34 kapal yang membawa makanan dan pasokan medis ke negara itu tidak diberi akses ke pelabuhan Hodeida.

Pemberontak yang didukung oleh Iran itu dilaporkan telah mencegat dan menyita kapal bantuan selama enam bulan terakhir. "Hari ini tidak ada lagi personil kemanusiaan PBB di Hodeida yang dapat memeriksa dan mengawasi distribusi bantuan dan obat-obatan," kata Mayor Jenderal Ahmed Assiri dalam sebuah pernyataan.

Ia mengatakan bahwa gerilyawan Houthi telah memblokir bantuan kemanusiaan yang tiba di pelabuhan dalam 186 hari terakhir seperti dikutip dari laman Al Araby, Jumat (11/11/2016).

Yaman telah diguncang perang selama 19 bulan sejak pemberontak Houthi dan sekutu mereka menyerbu ibukota Sanaa dan bagian lain dari negara. Hal ini mendorong koalisi Arab untuk campur tangan dalam mendukung pemerintah yang diakui secara internasional.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, minggu ini, jumlah korban tewas dari konflik senjata itu telah melampaui 7.000. Hampir 37.000 terluka dalam kekerasan sejak Maret 2015, dan PBB mengatakan jutaan membutuhkan bantuan pangan.

Sedangkan menurut badan kesehatan PBB, sebanyak 21 juta orang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Air yang terkontaminasi juga telah menyebabkan wabah kolera di Sanaa dan Taiz, kota terbesar ketiga Yaman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5199 seconds (0.1#10.140)