Kalau Bukan Pita, Lalu Siapa Calon PM Thailand Lainnya?

Sabtu, 15 Juli 2023 - 17:30 WIB
loading...
Kalau Bukan Pita, Lalu Siapa Calon PM Thailand Lainnya?
Pita Limjaroenrat dihalangi banyak pihak untuk menjadi PM Thailand. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Penolakan parlemen Thailand terhadap pencalonan calon perdana menteri (PM) berhaluan demokrat reformis Pita Limjaroenrat telah memicu keributan. Pasalnya, pemungutan suara baru oleh anggota parlemen untuk memilih pemimpin negara itu minggu depan.

Partai Move Forward (MFP) memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan Mei tetapi janjinya untuk mengubah undang-undang pencemaran nama baik kerajaan yang ketat membuat gusar pendirian, yang menyebabkan penolakan tegas dari senator yang ditunjuk militer.

Melansir CNA, Pita bersikukuh dia akan tetap menjadi kandidat dalam pemungutan suara kedua Rabu (19 Juli) meskipun menghadapi ancaman penangguhan parlemen, analis mengatakan dia tidak mungkin berhasil.

Berikut adalah 4 kandidat PM Thailand lainnya selain Pita.

1. SRETTHA THAVISIN

Kalau Bukan Pita, Lalu Siapa Calon PM Thailand Lainnya?

Foto/Reuters

Kandidat PM Thailand dar Partai Pheu Thai, Srettha Thavisin, 60, menemukan popularitas tak terduga sebagai wajah segar di kancah politik Thailand yang menarik pemilih muda di jalur kampanye.

Disukai oleh para pemimpin bisnis di kalangan elit Thailand yang berpengaruh, dia disebut-sebut sebagai calon kompromi yang potensial.

Di bawah panji Pheu Thai, dia dapat memperoleh 151 suara di parlemen, dan analis politik Thitinan Pongsudhirak mengatakan kepada AFP bahwa dia adalah calon terdepan jika Pita disingkirkan.

Dia memperingatkan, bagaimanapun, bahwa pengusaha itu bukanlah kandidat yang sangat kuat, terutama karena dia "tidak memiliki basis di partai".

Keturunan pengusaha properti yang belajar di Amerika Serikat dan memimpin salah satu pengembang properti terbesar di Thailand.

Dia adalah orang kepercayaan pendiri Pheu Thai Thaksin Shinawatra dan saudara perempuannya Yingluck, keduanya menjabat sebagai perdana menteri sebelum mereka digulingkan oleh militer.

2. PAETONGTARN SHINAWATRA

Kalau Bukan Pita, Lalu Siapa Calon PM Thailand Lainnya?

Foto/Reuters

Kandidat Pheu Thai Paetongtarn Shinawatra, 36, dihapuskan sebagai dinasti politik menjelang pemilihan tetapi terbukti sebagai juru kampanye yang cerdas dan emosional, menarik banyak orang dan membangun warisan keluarganya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)