5 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Agama Islam, Tak Melulu Jadi Pengajar

Jum'at, 14 Juli 2023 - 12:44 WIB
loading...
5 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Agama Islam, Tak Melulu Jadi Pengajar
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah salah satu kampus yang memiliki jurusan Pendidikan Agama Islam. Lulusan jurusan Pendidikan Agam Islam memiliki prospek kerja terbuka lebar. Foto/Dok UIN
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja lulusan jurusan pendidikan Agama Islam yang perlu diketahui.Jurusan pendidikan adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami pedagogi atau ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran. Itu artinya, Pendidikan Agama Islam adalah jurusan yang mempelajari ilmu pendidikan atau pengajaran seputar agama Islam

Seorang Sarjana Pendidikan Agama Islam tidak selalu bekerja sebagai tenaga pendidik karena peluang kerja lulusan jurusan ini juga sangat luas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Agama Islam

1.Pegawai Bank Syariah

Saat ini, bank menjadi salah satu instansi yang paling dibutuhkan. Selain untuk menyimpan uang, bank juga menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari seperti bayar tagihan, melakukan pinjaman, dan berinvestasi.

Namun, sebagian besar masyarakat muslim menganggap bank khususnya bank konvensional adalah riba—salah satu larangan dalam agama Islam—sehingga terciptalah bank syariah. Selama kamu kuliah di jurusan Pendidikan Agama Islam, tentunya kamu akan dibekali pemahaman tentang bank syariah.

2.Dosen

Salah satu prospek kerja yang biasa digeluti seorang lulusan Pendidikan Agama Islam adalah menjadi dosen. Perlu kamu ketahui bahwa syarat untuk menjadi seorang dosen adalah memiliki gelar S2 Magister Pendidikan Agama Islam.



Sebagai seorang dosen, tentunya kamu akan mendidik mahasiswa-mahasiswa dalam mata kuliah umum Pendidikan Agama Islam ataupun mata kuliah khusus yang terdapat di jurusan Pendidikan Agama Islam.

3.Pendidik Atau Guru Agama Islam

Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam selanjutnya adalah menjadi seorang pendidik atau guru agama Islam. Dalam hal ini kamu bisa menjadi seorang guru agama Islam di sekolah dan pondok pesantren ataupun menjadi seorang pendakwah.

4.Peneliti Agama Islam

Selama menjalani perkuliahan di jurusan Pendidikan Agama Islam, kamu akan banyak melakukan penelitian seputar agama Islam. Bukan tidak mungkin bahwa pekerjaan yang bisa kamu pilih salah satunya yaitu menjadi seorang peneliti atau penafsir Quran dan Hadist.

5.Cendekiawan Agama Islam

Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam selanjutnya yaitu menjadi seorang Cendekiawan agama Islam. Dalam bidang ini, kamu bisa memilih untuk menjadi cendekiawan di bidang sejarah Islam, ilmu fiqih, dan lain sebagainya.

Pastikan memilih jurusan Pendidikan Agama Islam yang berkualitas dan terpercaya sehingga segala materi agama yang kamu sampaikan dapat dipertanggungjawabkan.

Apa Itu Jurusan Pendidikan Agama Islam?

Jurusan pendidikan adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami pedagogi atau ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran. Itu artinya, Pendidikan Agama Islam adalah jurusan yang mempelajari ilmu pendidikan atau pengajaran seputar agama Islam.



Kamu pasti pernah mendapatkan mata pelajaran agama Islam di sekolah, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Nah, guru yang mengajar itu biasanya adalah seorang lulusan dari jurusan Pendidikan Agama Islam.

Pentingnya Kuliah di Jurusan Pendidikan Agama Islam

Agama adalah salah satu pedoman hidup yang dianut kebanyakan orang. Salah satu alasan mengapa kamu harus masuk jurusan Pendidikan Agama Islam adalah untuk memperdalam ilmu agama Islam.

Namun, sebagai seorang tenaga pendidik, kamu juga dituntut untuk menyebarkan ilmu agama yang kamu miliki kepada murid. Menyebarkan ilmu agama juga salah satu dari amal jariah di mana kamu bisa mendapatkan pahala yang terus mengalir.

Akan tetapi, seorang Sarjana Pendidikan Agama Islam tidak selalu bekerja sebagai tenaga pendidik. Adapun beberapa pilihan pekerjaan yang bisa diambil lulusan Pendidikan Agama Islam. Berikut prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)