Pasukan Khusus Irak Bersiap Masuki Mosul

Selasa, 01 November 2016 - 08:53 WIB
Pasukan Khusus Irak Bersiap Masuki Mosul
Pasukan Khusus Irak Bersiap Masuki Mosul
A A A
BAGHDAD - Pasukan khusus Irak tengah bersiap untuk memasuki kota Mosul untuk melancarkan serangan guna mengusir militan ISIS. Pasukan khusus Irak telah berhasil menyapu desa terakhir di ujung timur dan menangkal serangan bom bunuh diri tanpa kehilangan personil.

Baca juga:
Irak Kembali Lanjutkan Operasi Pembebasan Mosul


"Kami akan memasuki kota Mosul segera dan membebaskannya dari Daesh," kata komandan pasukan khusus Irak, Brigjend Haider Fadhil, menggunakan akronim Arab untuk ISIS. Ia menambahkan bahwa lebih dari 20 gerilyawan telah tewas sementara pasukannya hanya menderita satu luka ringan seperti dikutip dari CBS News, Selasa (1/11/2016).

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Haider Ali yang muncul di stasiun televisi dengan seragam militer meminta militan ISIS yang ada di Mosul untuk menyerah. "Kami akan menutup dalam pada Daesh dari semua sudut dan, Insya Allah, kita akan memotong kepala ular," katanya.

"Mereka tidak akan memiliki jalan keluar, dan tidak ada cara untuk melarikan diri. Entah mereka mati, atau menyerah," sambungnya saat mengunjungi pasukan di kota Syura, selatan Mosul.

Sejak 17 Oktober, pasukan Irak dan sekutu mereka pasukan Kurdi bersama kelompok Sunni dan milisi Syiah telah berkumpul di Mosul dari segala arah. Operasi pembebasan Mosul ini diyakini akan memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Milter Amerika Serikat (AS) memperkirakan ISIS memiliki 3.000-5.000 anggota di Mosul dan 1.200-2.500 lainnya di sabuk defensif luar Mosul. Jumlah ini mencakup 1.000 pejuang asing.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5276 seconds (0.1#10.140)