alexa snippet

Satu Tewas dalam Ledakan di Kairo

Satu Tewas dalam Ledakan di Kairo
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
KAIRO - Sebuah bom meledak di sepanjang jalan utama di Kairo, Mesir, ketika pasukan keamanan lewat. Ledakan bom tersebut menewaskan satu warga sipil dan melukai sejumlah warga lainnya demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri lewat Facebook. Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab.

Mesir tengah menghadapi pemberontak Islamis yang dipimpin oleh cabang ISIS di Sinai utara, dimana ratusan tentara dan polisi telah tewas. Ada juga sejumlah serangan di Kairo dan kota-kota lainnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (29/10/2016).

Pekan lalu seorang komandan divisi kendaraan lapis baja yang pernah bertugas di Sinai utara, Brigadir Jenderal Adel Rajaaie, ditembak mati di depan rumahnya di pinggiran Kairo.

Sebuah kelompok militan baru yang menyebut dirinya Louwaa el Thawra, atau Brigade Revolusi, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut pada akun Twitter yang langsung dibekukan tak lama setelah klaim tersebut.

Hakim dan pejabat senior lainnya semakin menjadi target Islam radikal yang marah atas hukuman pernjara terhadap anggota Ikhwanul Muslimin yang sekarang dilarang. Ikhwanul dan kandidatnya Mohamed Mursi memenangkan pemilihan umum pertama Mesir setelah pemberontakan 2011 yang mengakhiri kekuasaan 30 tahun Hosni Mubarak.

Sejak Mursi digulingkan pada tahun 2013 setelah protes massa terhadap pemerintahannya, mantan panglima militer Abdel Fattah al-Sisi mengambil tindakan keras dimana ratusan pendukung Ikhwanul telah tewas dan ribuan lainnya dipenjara atau dihukum mati.

Kelompok militan lain yang baru muncul dengan menyebut dirinya Gerakam Hasm mengaku bertanggung jawab atas lima serangan sejak Juli, termasuk percobaan pembunuhan pada Zakaria Abdel Aziza, seorang jaksa senior Mesir. Kelompok itu mengatakan serangan itu sebagai pembalasan atas hukuman mati yang dijatuhkan kepada ribuan narapidana.



(ian)
dibaca 11.548x
loading gif
Top