3 Cara Ampuh Mengatasi Bootloop HP Infinix

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:55 WIB
loading...
3 Cara Ampuh Mengatasi Bootloop HP Infinix
Artinya bootlop adalah kondisi ponsel terus-terusan menyala ulang tanpa masuk ke tampilan layar utama. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Handphone yang tiba-tiba bootlop selalu bisa bikin penggunanya kesal. Namun sebelum kesal, sebaiknya perlu dipahami dulu soal bootloop.

Sebab bootloop bisa terjadi pada segala jenis ponsel pintar terutama Android. Tidak terkecuali handphone merek Infinix yang saat ini sangat marak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jika Anda belum mengerti pengertian bootlop itu wajar. Bootloop sebenarnya penggabungan dua istilah yakni Boot dan Loop. Boot adalah kondisi ponsel melakukan restart atau menyala kembali. Di sisi lain loop adalah lingkaran.

Artinya bootlop adalah kondisi ponsel terus-terusan menyala ulang tanpa masuk ke tampilan layar utama. Alias cuma sampai logo saja.



Tentu hal tersebut bakal bikin pemiliknya kesal. Namun jangan khawatir setiap masalah ada solusinya. Berikut ini tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi bootloop di handphone merek Infinix, yuk cermati:

1. Matikan HP Beberapa Saat

Cara yang paling mudah untuk memperbaiki Infinix mentok di logo yakni dengan mematikan HP dan mengistirahatkannya. Lepaskan beberapa komponen eksternal yang terpasang di dalamnya, seperti kartu SIM, kartu SD, dan juga baterainya. Khusus untuk HP Infinix yang dibekali dengan baterai tanam, kamu tidak perlu melepasnya.

Kemudian diamkan HP selama kurang lebih 1 hingga 3 jam. Kamu bisa menaruh HP di area terbuka, yakni area yang tidak lembap dan juga tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika sudah, selanjutnya kamu pasang kembali komponen eksternal tadi dan hidupkan HP Infinix seperti biasa.

2. Lakukan Factory Reset HP Infinix

Cara yang kedua untuk mengatasi HP Infnix bootloop atau stuck logo yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, bahkan juga beberapa masalah error sistem android lainnya.

Ada dua cara untuk melakukan factory reset Infinix, yakni melalui Recovery Mode dan menggunakan CWM atau TWRP Recovery. Namun, lebih mudah melakukan hard reset Infinix tersebut melalui Recovery Mode.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5097 seconds (0.1#10.140)