Oposisi: Kelompok Bersenjata Ancam Komisi Keuangan DPR Venezuela

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 13:57 WIB
Oposisi: Kelompok Bersenjata Ancam Komisi Keuangan DPR Venezuela
Oposisi: Kelompok Bersenjata Ancam Komisi Keuangan DPR Venezuela
A A A
CARACAS - Sedikitnya 6 orang pria bertopeng dan bersenjata mencoba masuk ke kantor komisi pengawas keuangan Majelis Nasional Venezuela. Menurut presiden komisi yang dipimpin oleh kelompok oposisi insiden tersebut kemungkinan bermotif politik.

Sebelumnya pada hari Rabu lalu, komisi mengeluarkan laporan yang menuduh PDVSA melakukan korupsi. Komisi mengatakan dana sekitar USD11 miliar hilang dari perusahaan minyak milik negara selama Rafael Ramirez berkuasa dari tahun 2004-2014.

"Kebetulan sekali, 'Colectivos' bersenjata mengancam personil hanya dua hari setelah kami mengecam kasus korupsi besar di PDVSA," kata Presiden Komisi Freddy Guevara merujuk pada kelompok militan akar rumput yang pro pemerintah dan dikecam sebagai preman seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (22/10/2016).

Seorang juru bicara untuk Guevara mengatakan kepada Reuters bahwa tujuh sampai delapan orang telah mencoba untuk masuk ke kantor komisi. "Mereka ingin masuk komisi, tetapi tidak memberitahukan motif mereka," kata Jose Ramirez, menambahkan mereka menempatkan senjata di mulut salah satu asisten administrasi untuk memaksa.

Kelompok ini tetap tidak diperbolehkan dan petugas keamanan Majelis Nasional sempat ditahan orang-orang sebelum membiarkan mereka pergi. "Orang-orang ini benar-benar bertindak dengan impunitas total," katanya.

Namun, laporan ini tidak bisa diverifikasi secara independen. Departemen Informasi Negara Venezuela tidak segera menanggapi permintaah untuk komentar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5172 seconds (0.1#10.140)