Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah, Praktikkan Yuk Biar Masa Studi Cepat

Selasa, 11 Juli 2023 - 12:50 WIB
loading...
Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah, Praktikkan Yuk Biar Masa Studi Cepat
Mahasiswa perlu strategi khusus agar tak mengulang mata kuliah karena hal itu akan memperlama masa studi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tips agar tidak mengulang mata kuliah ini perlu dicoba mahasiswa. Tahun pertama kuliah menjadi salah satu kunci studi seorang mahasiswa di kampus. Kesuksesan kuliah ditentukan oleh seberapa banyak mata kuliah yang sudah diambil dan juga memiliki nilai bagus.

Mengulang mata kuliah sangat dihindari para mahasiswa saat kuliah karena hal itu akan memperlama waktu studi. Karena itu perlu strategi khusus agar seorang mahasiswa tak mengulang mata kuliah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 tips agar tidak mengulang mata kuliah yang bisa dipraktikkan mahasiswa.

Ini Sejumlah Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah

1.Perhatikan Manajemen Waktu

Menjadi mahasiswa itu harus mandiri. Kamu harus memperhatikan waktu yang digunakan. Manajemen waktu yang baik bisa menjadi faktor supaya kamu tidak mengulang mata kuliah. Manajemen waktu dilakukan karena banyak hal yang harus kita pelajari baik itu dari sisi akademis maupun non akademis.

2.Maksimalkan Tahun Pertama Masuk Kuliah

Tahun pertama harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan IPK yang setinggi-tingginya. Karena di dua semester tahun pertama mata kuliah yang akan kamu tidak terlalu sulit.



Pada tahun ini kamu akan diberikan materi yang masih berhubungan dengan pelajaran di SMA. Momentum ini tentu saja harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai IPK yang sangat tinggi.

3.Harus Lebih Aktif dan Kritis saat Kuliah

Di bangku kuliah kamu tidak bisa seperti masa saat sekolah di SMA. Kamu saat ini harus lebih aktif dan berpikir lebih kritis lagi terhadap materi yang diberikan.



Jika sudah memiliki rasa penasaran, kamu tentu bakal mencari solusi atau jawabannya. Sehingga dari sini kamu akan lebih sering aktif bertanya, diskusi, bahkan sering nongkrong di perpustakaan.

4.Baca Kembali Materi dari Dosen

Setelah perkuliahan selesai sampai rumah atau kos kamu bisa mereview materi yang sudah diajarkan, kemudian ketika masih ada hal yang terasa sulit segera tanyakan kepada teman atau dosen.

5.Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS)

Pada saat melakukan belajar sebisa mungkin untuk menghindari SKS atau sistem kebut semalam. Apalagi jika akan berlangsung ujian. Hal ini akan membuat dirimu menjadi terasa lebih berat dan lebih terbebani.

6.Ambil Jumlah Mata Kuliah Secukupnya

Dalam mengambil mata kuliah jangan mengambil terlalu banyak, sesuaikan dengan kemmapuan yang kamu miliki. Karena semakin banyak mata kuliah yang diambil semakin banyak pula materi yang harus dipelajari.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)