alexa snippet

Lewat Telepon, Putin-Abadi Bahas Operasi Pembebasan Mosul

Lewat Telepon, Putin-Abadi Bahas Operasi Pembebasan Mosul
Putin menyampaikan harapan operasi ini dapat berjalan dengan lancar dan Mosul bisa direbut kembali dari tangan ISIS dalam waktu dekat. Foto/Reuters
A+ A-
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi dilaporkan terlibat dalam percakapan telepon semalam. Keduanya membahas mengenai operasi pembebasan Mosul yang baru-baru ini diluncurkan oleh pemerintah Irak.

Menurut keterangan Kremlin, dalam percakapan tersebut, Putin menyampaikan harapan  operasi ini dapat berjalan dengan lancar dan Mosul bisa direbut kembali dari tangan ISIS dalam waktu dekat.

"Vladimir Putin berharap tentara Irak dan sekutunya berhasil menyelesaikan tugas yang sudah diamanatkan kepada mereka," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (19/10).

Kremlin, dalam pernyataanya juga menuturkan, Putin dalam percakapan itu menyatakan dukungan terhadap upaya yang dilakukan oleh pemerintah Irak yang bertujuan menghilangkan sarang terorisme internasional dan menjaga kedaulatan dan integritas wilayah Irak.

Namun, Kremlin tidak menyebutkan adanya pembicaraan mengenai kemungkina Rusia terlibat dalam operasi tersebut. Sejauh ini, Rusia hanya terlibat dalam upaya melawan ISIS di Suriah.

Operasi pembebasan Mosul sendiri dilakukan oleh pasukan gabungan Irak yang terdiri dari militer Irak, unit pasukan Kurdi, milisi Sunni, dan juga milisi Syiah yang mendapat dukungan dari Iran. Selain itu, Baghdad juga mendapatkan dukungan udara dari koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat.



(esn)
dibaca 15.643x
loading gif
Top