Taliban-Afghanistan Dilaporkan Lakukan Pembicaraan Rahasia di Qatar

Selasa, 18 Oktober 2016 - 16:55 WIB
Taliban-Afghanistan Dilaporkan Lakukan Pembicaraan Rahasia di Qatar
Taliban-Afghanistan Dilaporkan Lakukan Pembicaraan Rahasia di Qatar
A A A
LONDON - Taliban dan pemerintah Afghanistan telah memulai ulang pembicaraan damai rahasia pada bulan September lalu. Keduanya dikabarkan telah mengadakan dua pembicaraan di Qatar, demikian laporan media Inggris The Guardian mengutip sumber anonim.

Mengutip seorang pejabat Taliban, Guardian mengatakan seorang diplomat senior Amerika Serikat (AS) hadir dalam pertemuan di Qatar, di mana kelompok Islam memiliki kantor diplomatik.

Surat kabar itu juga mengatakan pembicaraan dihadiri juga oleh Mullah Abdul Manan, saudara pendiri Taliban Afghanistan, Mullah Mohammad Omar, yang meninggal pada tahun 2013. Namun, tidak ada pejabat Pakistan dalam pertemuan tersebut.

Terkait laporan ini, para pejabat di Kabul tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/10/2016).

Sebelumnya pembicaraan damai yang ditengahi oleh Pakistan menghasilkan sedikit kemajuan dan terhenti ketika serangan peawat tak berawak AS di Pakistan menewaskan mantan pemimpin Taliban Mullah Akhtar Mansour pada bulan Mei.

Di bawah pemimpin Taliban yang baru, Haibatullah Akhundzada, pertempuran telah berkecamuk di Afghanistan selama bulan-bulan selama musim panas. Taliban menyerang kota utara Kunduz dan mengancam ibukota provinsi Helmand Lashkar Gah.

Hubungan antara pemerintah Kabul dan Islamabad telah memburuk selama tahun lalu. Afghanistan dan AS menuduh Pakistan telah menjadi tempat persembunyian bagi Taliban dan tidak berbuat cukup banyak untuk membawa kelompok itu ke meja perundingan. Namunb, Pakistan membantah tuduhan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)