PBB Umumkan Gencatan Senjata 72 Jam di Yaman

Selasa, 18 Oktober 2016 - 14:42 WIB
PBB Umumkan Gencatan Senjata 72 Jam di Yaman
PBB Umumkan Gencatan Senjata 72 Jam di Yaman
A A A
NEW YORK - Gencatan senjata selama 72 jam akan mulai berlaku di Yama pada Rabu malam. Hal ini diumumkan oleh untusan PBB untuk Yaman setelah menerima komitmen dari semua faksi di negara itu.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed mengatakan, penghentian permusuhan akan dimulai pada pukul 23.59 waktu setempat pada hari Rabu. Penghentian permusuhan itu dapat diperpanjang setelah masa tiga hari awal.

"Utusan khusus menyambut pemulihan penghentian permusuhan, yang akan menghentikan pertumpahan darah lebih lanjut warga Yaman dan akan memungkinkan untuk memperluas pengiriman bantuan kemanusiaan," bunyi pernyataan Ahmed seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/10/2016).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Yaman Abdel-Malek al-Mekhlafi mengatakan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi telah sepakat untuk gencatan senjata 72 jam dengan kemungkinan itu diperpanjang.

"Presiden setuju untuk gencatan senjata 72 jam untuk diperpanjang jika pihak lain mematuhi itu, mengaktifkan DCC (Komite Koordinasi Deeskalasi) dan mengangkat pengepungan Taiz," katanya. DCC adalah komisi militer yang didukung PBB yang bertanggung jawab untuk mengawasi gencatan senjata di Yaman.

Pemerintah diasingkan Hadi telah meminta akses kemanusiaan untuk Taiz, yang sebagian besar dikelilingi oleh pemberontak Houthi yang menyerbu ibukota Yaman, Sanaa, pada 2014. Pasukan pemerintah mempertahankan hanya mengontrol satu dari empat rute akses.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3782 seconds (0.1#10.140)