Tiga Ilmuwan Inggris Sabet Hadiah Nobel Fisika

Rabu, 05 Oktober 2016 - 15:47 WIB
Tiga Ilmuwan Inggris Sabet Hadiah Nobel Fisika
Tiga Ilmuwan Inggris Sabet Hadiah Nobel Fisika
A A A
STOCKHOLM - Tiga ilmuwan kelahiran Inggris berhasil memenangkan penghargaan bergengsi, Hadiah Nobel, dalam bidang Fisika. David Thouless, Duncan Haldane dan Michael Kosterlitz, mendapatkan Hadiah Nobel atas temuan mereka terkait "materi eksotis" yang dapat membuka jalan untuk komputer kuantum dan teknologi revolusioner lainnya.

"Saya sangat terkejut dan sangat bersyukur. Hanya sekarang ini banyak penemuan-penemuan luar biasa terjadi berdasarkan pekerjaan ini. Ada harapan besar materi-materi baru ini memiliki dampak yang cukup besar," kata Haldane dalam sebuah wawancara telepon dengan Yayasan Nobel sesaat setelah ia disebut sebagai salah satu peraih Hadiah Nobel seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (5/10/2016).

Sedangkan Kosterlitz mengaku tidak percaya jika dirinya meraih Hadiah Nobel dalam bidang Fisika. "Saya sedikit tidak percaya. Saya masih berusaha untuk mempercayainya," kata Kosterlitz.

Dengan keberhasilan ini, David Thouless, Duncan Haldane dan Michael Kosterlitz akan berbagi uang hadiah yang berjumlah 8 juta kronor Swedian atau senilai 718.000 poundsterling.

David Thouless (82) lahir di Bearsden di Skotlandia dan sekarang bekerja di University of Washington di Seattle. Sedangkan Duncan Haldane kelahiran London, 65 tahun lalu bekerja di Universitas Princeton, dan Michael Kosterlitz lahir di Aberdeen pada tahun 1942. Dia sekarang bekerja di Brown University di Rhode Island.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3411 seconds (0.1#10.140)