Rusia Peringatkan AS Soal Intervensi Militer di Suriah

Minggu, 02 Oktober 2016 - 05:07 WIB
Rusia Peringatkan AS Soal Intervensi Militer di Suriah
Rusia Peringatkan AS Soal Intervensi Militer di Suriah
A A A
MOSKOW - Rusia memperingatkan Amerika Serikat (AS) jika negara itu nekat melakukan aksi militer terhadap tentara Suriah. Rusia menyatakan setiap serangan terhadap pasukan pemerintah Suriah akan memiliki dampak di Timur Tengah.

"Intervensi AS terhadap pasukan Suriah akan berdampak buruk sekali, menyebabkan konsekuensi tektonik tidak hanya pada wilayah Suriah tetapi juga secara keseluruhan wilayah," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

Zakharova juga mengatakan bahwa perubahan rezim di Suriah akan menimbulkan kevakuman yang akan cepat diisi oleh kelompok teroris dari semua elemen seperti dikutip dari Time, Minggu (2/10/2016).

Sebelumnya, rekaman pembicaraan Menteri Luar Negeri John Kerry dengan masyarakat Suriah di AS bocor ke media. Dalam rekaman tersebut, Kerry menyatakan AS berniat melakukan aksi militer di Suriah namun digagalkan oleh Kongres.

Ketegangan AS-Rusia atas Suriah telah meningkat sejak runtuhnya kesepakatan gencatan senjata bulan lalu. Kedua belah pihak terlibat saling menyalahkan atas kegagalan itu.

Pasca runtuhnya kesepakatan gencatan senjata, pasukan pemerintah Suriah yang didukung oleh pesawat-pesawat tempur Rusia telah meluncurkan serangan besar pada bagian yang dikuasai pemberontak dari kota utara Aleppo.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3599 seconds (0.1#10.140)