Filipina: Duterte Bukan Hitler, tapi Ingin Bunuh Jutaan Gembong Narkoba

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 17:03 WIB
Filipina: Duterte Bukan Hitler, tapi Ingin Bunuh Jutaan Gembong Narkoba
Filipina: Duterte Bukan Hitler, tapi Ingin Bunuh Jutaan Gembong Narkoba
A A A
MANILA - Juru bicara Kepresidenan Filipina, Ernesto Abella, mengklarfikasi pernyataan Presiden Rodrigo Duterte bahwa dia akan senang membantai jutaan gembong dan pecandu narkoba seperti Hitler yang senang membantai jutaan warga Yahudi. Abella mengatakan, Duterte bukan Hitler, tapi dia ingin membunuh jutaan orang dalam perang kejahatan narkoba.

Komentar Duterte telah memicu kecaman banyak pihak, termasuk dari para pemimpin komunitas Yahudi di Amerika Serikat (AS) dan Pemerintah Jerman.

”Kami tidak ingin mengurangi (enthusiasm) kerugian yang mendalam dari enam juta orang Yahudi dalam (peristiwa) Holocaust,” kata Abella dalam sebuah pernyataan, pada hari Sabtu (1/10/2016).

”Referensi presiden ke pembantaian adalah defleksi miring dari cara dia yan telah digambarkan sebagai pembunuh massal, Hitler, label yang dia tolak,” lanjut pernyataan Abella.

Baca:
Samakan Dirinya Hitler, Duterte Senang Bantai Jutaan Gembong Narkoba


Namun demikian, Abella mengkonfirmasi bahwa Duterte memang berniat untuk ambisinya membunuh jutaan orang di Filipina demi mencapai misi memberantas narkoba.

”Referensi Duterte adalah untuk kesediaannya membunuh tiga juta gembong narkoba kriminal, untuk menyelamatkan negara dan masa depan generasi berikutnya,” kata Abella, seperti dikutip Bangkok Post.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Duterte, secara tersirat menyamakan dirinya dengan pemimpin Nazi Adolf Hitler. Di mana dia mengaku akan senang untuk membantai jutaan pecandu dan gembong narkoba di negaranya, seperti Hitler yang senang membantai jutaan orang Yahudi di masa lalu.

”Ada tiga juta pecandu narkoba (di Filipina), saya akan senang untuk membantai mereka,” katanya. ”Jika Jerman memiliki Hitler, Filipina akan ...,” ujarnya, menunjuk ke dirinya sendiri dan berhenti bicara.

”Anda tahu korban saya. Saya inginkan (mereka) semua yang menjadi penjahat, untuk menyelesaikan masalah negara saya dan menyelamatkan generasi berikutnya dari kebinasaan,” imbuh Duterte.

Baca juga:
Ingin Seperti Hitler, Duterte Buat Pemimpin Yahudi Sewot
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)