Kutip Peres, Obama: Yahudi Tak Dilahirkan untuk Memperbudak Orang Lain

Jum'at, 30 September 2016 - 17:58 WIB
Kutip Peres, Obama: Yahudi Tak Dilahirkan untuk Memperbudak Orang Lain
Kutip Peres, Obama: Yahudi Tak Dilahirkan untuk Memperbudak Orang Lain
A A A
YERUSALEM - Presiden Amerika Serikat (AS); Barack Obama, memuji mantan Presiden Israel; Shimon Peres, dengan mengutip pernyataan khasnya. Obama mengutip pernyataan tentang sikap warga Yahudi untuk tidak memperbudak orang lain.

Pernyataan Obama itu disampaikan dalam acara pemakaman Peres yang berlangsung Jumat (30/9/2016) di Yerusalem.”Orang-orang Yahudi tidak dilahirkan untuk memperbudak orang lain,” kata Obama mengutip Peres. ”Dia (Peres) mengatakan; Kami menentang budak dan tuan,” lanjut Obama.

Obama melanjutkan bahwa dia juga melihat kehadiran Presiden Otoritas Palestina; Mahmoud Abbas, dalam pemakaman Peres. Obama mengenang Peres sebagai negarawan yang merintis perdamaian Israel dan Palestina yang belum selesai.

“Peres mengejar perdamaian, tidak pernah naïf,” kata Obama, seperti dikutip Haaretz. Menurut Obama, lucu jika para pengkritik menyebut Peres sosok yang naïf.

“Peres belajar dari pengalaman yang diperoleh secara keras bahwa keamanan sejati berasal dari membuat perdamaian dengan tetangga Anda,” ujar Obama.

”Bahkan dalam menghadapi serangan teroris, kekecewaan diulang di meja perundingan, dia bersikeras bahwa Palestina harus dilihat sama dalam martabat dan sama dengan orang-orang Yahudi dalam menentukan nasibnya sendiri,” imbuh Obama.

”Dia (Peres) percaya bahwa Israel akan menjadi yang terbaik yang dilindungi ketika Palestina memiliki negara sendiri, kata Obama. ”Saya tidak bisa lebih terhormat di Yerusalem untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teman saya, untuk Shimon Peres, yang menunjukkan kita bahwa harapan dan keadilan adalah jantung dari ide Zionis.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3866 seconds (0.1#10.140)