Ratusan Ribu Warga Aleppo Terancam Jadi Korban Genosida

Rabu, 28 September 2016 - 14:52 WIB
Ratusan Ribu Warga Aleppo Terancam Jadi Korban Genosida
Ratusan Ribu Warga Aleppo Terancam Jadi Korban Genosida
A A A
ALEPPO - Ratusan ribu orang yang tinggal di Aleppo, Suriah saat ini terancam menjadi korban genosida, atau pembersihan etnis. Hal itu disampaikan oleh Komite Negosiasi Suriah (HNC).
"Lebih dari 600.000 warga Suriah menghadapi ancaman genosida di kota Aleppo," kata juru bicara HNC, Riyad Nassan Agha dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (28/9).
Agha mengatakan, hal ini disebabkan oleh adanya serangan udara bertubi-tubi terhadap Aleppo. Bukan hanya itu, di darat warga Aleppo mendapat ancaman serangan dari ISIS dan kelompok teroris lainnya.
Dia menambahkan, hampir dua juta warga Suriah di Aleppo saat ini telah kehilangan akses terhadap air bersih. Hal ini terjadi setelah jet tempur Suriah dan Rusia menghancurkan sebuah pabrik pengolahan air di kota tersebut.
Pernyataan Agha tersebut datang setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) menyerukan untuk mengevakuasi puluhan orang yang sedang sakit dan terluka di Aleppo timur ke tempat-tempat yang lebih aman untuk menawarkan mereka pengobatan.
Seruan ini datang karena semakin minimnya fasilitas kesehatan di Aleppo, sedangkan jumlah pasien kian hari terus bertambah banyak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4503 seconds (0.1#10.140)