China Mulai Berburu Alien dengan Teleskop Terbesar Sejagad

Senin, 26 September 2016 - 14:09 WIB
China Mulai Berburu Alien dengan Teleskop Terbesar Sejagad
China Mulai Berburu Alien dengan Teleskop Terbesar Sejagad
A A A
PINGTANG - China resmi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia dengan diameter 500 meter di Pingtang County, di Provinsi Guizhou. Teleskop ini diklaim beroperasi untuk mencari keberadaan makhluk asing luar angkasa atau dikenal sebagai alien.

Aperture Spherical Telescope (FAST) telah resmi beroperasi pada hari Minggu (25/9/2016). Proyek pembuatan teleskop raksasa yang dimulai sejak 2011 ini menelan dana hingga 1,2 miliar yuan dan baru rampung Juli 2016.

“(Teleskop) ini tentu akan menghasilkan semangat, membawa orang ke dalam ilmu pengetahuan, dan membuat China penting dalam dunia sains,” kata Joseph Taylor, seorang astronom di Universitas Princeton kepada kantor berita Xinhua, yang dikutip Senin (26/9/2016).

FAST diyakini menjadi teleskop radio paling sensitif pernah ada di dunia. Teleskop raksasa in bahkan diklaim bisa mendeteksi sinyal dari telepon selular yang digunakan di bulan sekalipun.

Proyek teleskop raksasa ini dalam prosesnya telah memaksa sekitar 9.110 orang direlokasi. Dengan diameter yang superbesar, FAST telah mengalahkan teleskop radio Arecibo Observatory di Puerto Rico yang sebelumnya dinobatkan sebagai teleskop terbesar di dunia.

Ilmuwan dari Observatorium Astronomi Nasional China, Li Di, pernah mengatakan bahwa FAST tidak hanya akan bekerja luar biasa, tapi juga sangat sensitif dan kuat.

”Dengan sinyal yang lebih besar dan fleksibilitas, FAST akan dapat memindai langit dua kali lebih kuat dari Arecibo (Observatory di Puerto Rico), dengan sensitivitas tiga sampai lima kali lebih tinggi,” ujarnya beberapa waktu lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3794 seconds (0.1#10.140)