Obama Gunakan Nama Samaran Saat Berkomunikasi dengan Hillary

Minggu, 25 September 2016 - 16:56 WIB
Obama Gunakan Nama Samaran Saat Berkomunikasi dengan Hillary
Obama Gunakan Nama Samaran Saat Berkomunikasi dengan Hillary
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menggunakan nama samaran rahasia untuk berkomunikasi dengan Hillary Clinton saat masih menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di server email pribadinya. Hal ini mengejutkan pembantunya, Huma Abedin.

"Bagaimana itu tidak diklasifikasikan," seru Abedin kepada penyelidik ketika ditunjukkan salinan pembicaraan antara Hillary dan Obama yang termuat di dokumen FBI halaman 189 yang dirilis pada Jumat malam seperti dikutip dari News.com.au, Minggu (25/9/2016).

Setelah mengetahui bahwa Obama menggunakan nama samaran dalam menggunakan server pribadi Hillary, yang tampaknya untuk melindungi identitasnya, Abedin bertanya kepada interogator jika dia bisa menyimpan salinan email tersebut. Namun dokumen FBI tidak mengungkapkan apakah Abedin mendapatkan salinan email tersebut

Dokumen ini bertentangan dengan pernyataan publik Obama pada tahun 2015 lalu. Ketika itu, Obama mengatakan ia mengetahui Hillary mempunyai server pribadi melalui laporan media seperti orang lain.

Meskipun puluhan ribu email Hillary ini telah dipublikasikan sejak ia mengungkapkan secara eksklusif telah menggunakan server email pribadi untuk melakukan kerja resmi, namun email dengan presiden telah dibebaskan untuk tidak diungkapkan. Hal ini pun menuai kecaman dari Partai Republik.

"Pertukaran informasi ini menunjukkan jika Hillary dan presiden sengaja membahas materi yang diklasifikasikan (rahasia) dengan cara yang tidak rahasia dan itu telah melanggar hukum," Raj Shah, direktur penelitian di Komite Nasional Partai Republik.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)