AS Desak Rusia Selamatkan Gencatan Senjata Suriah

Minggu, 25 September 2016 - 16:21 WIB
AS Desak Rusia Selamatkan Gencatan Senjata Suriah
AS Desak Rusia Selamatkan Gencatan Senjata Suriah
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan sekutunya dari Eropa mendesak Rusia untuk mengerahkan semua yang mereka miliki untuk menyelamatkan gencatan senjata di Suriah. Desakan ini muncul setelah adanya serangan terbaru yang menghantam wilayah Aleppo.
Washington mengatakan, Moskow harus menggunakan semua pengaruh yang miliki terhadap semua pihak di kawasan untuk bisa menyelamatkan gencatan senjata, serta menghentikan serangan dan pertempuran di Suriah. Khususnya pertempuran yang terjadi di Aleppo.
"Beban ini berada di pundak Rusia, untuk membuktikan kesediaan dan mampu mengambil langkah-langkah luar biasa untuk menyelamatkan upaya diplomatik," kata AS dan sejumlah rekan Eropanya dalam pernyataan bersama, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (25/9).
Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, puluhan orang tewas dalam pengeboman di Aleppo sejak Kamis malam atau setelah batas waktu gencatan senjata berakhir.
Ammar al-Salmo, Kepala Pertahanan Angkatan Sipil Aleppo—semacam skuad relawan rescue—mengatakan, bahwa tiga dari pusat kelompoknya telah dibom. Bahwa beberapa kendaraan tim penyelamat terpental.
”Seolah-olah Rusia dan rezim (Suriah) menggunakan gencatan senjata sebagai satu-satunya untuk mempertahankan senjata dan rencana mereka pada target berikutnya,” kata Salmo dari Aleppo. ”Hal ini seperti kiamat hari ini di Aleppo,” katanya lagi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4315 seconds (0.1#10.140)