Musuh Assad Ingin Pulangkan Tubuh Mata-mata Israel yang Digantung

Musuh Assad Ingin Pulangkan Tubuh Mata-mata Israel yang Digantung
Foto reproduksi mata-mata top Israel yang digantung Suriah di masa lalu, Eli Cohen. | (REUTERS)
A+ A-
Pemberontak Suriah yang memusuhi Presiden Bashar al-Assad akan memulangkan tubuh mata-mata Israel Eli Cohen. Mata-mata Israel itu dieksekusi gantung oleh Pemerintah Suriah pada tahun 1965 setelah ditangkap pada tahun 1960-an.

Video klip dokumentasi tubuh Eli Cohen usai digantung di Suriah di masa lalu telah muncul di Facebook. Video itu dirilis kelompok pemberontak Suriah di situs radio Reshet Bet.

Rekaman menunjukkan tubuh Cohen tergantung di lokasi eksekusi di Damaskus Square dan kemudian dibawa turun. Menurut laporan Jerusalem Post, kemarin (22/9/2016), video itu diberi judul “The Institute of the House of Palestinian Memory.”

Pada bulan Januari 1965, intelijen Suriah mengumumkan telah menangkap Cohen. Dia digantung empat bulan kemudian. Lokasi kuburan dirahasiakan.

Janda Cohen, Nadja, mengatakan pada hari Selasa lalu bahwa dia belum pernah melihat video tersebut sebelumnya.

Cohen lahir di Mesir pada tahun 1924 dan pindah ke Israel pada tahun 1957. Pada tahun 1960, Mossad merekrut dia dan mengirimnya ke Suriah dengan identitas palsu sebagai seorang pengusaha dari Argentina. Misinya adalah untuk menyusup ke pusat-pusat kekuasaan di Damaskus.

Selama menjadi mata-mata Israel, Eli Cohen telah mengirim lebih dari 100 telegram yang bermanfaat penting bagi keamanan Israel.


(mas)
dibaca 23.394x
Top