Tantang Investigasi Perang Narkoba, Duterte Sebut Sekjen PBB "Setan"

Tantang Investigasi Perang Narkoba, Duterte Sebut Sekjen PBB Setan
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. | (REUTERS/Lean Daval Jr)
A+ A-
MANILA - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, lagi-lagi mengeluarkan makian kotor terhadap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon, yang dia tantang melakukan investigasi soal perang narkoba di Filipina. Kali ini, Duterte menyebut Ban Ki-moon dengan sebutan “setan”.

Presiden Filipina itu menantang Ban Ki-moon dan Uni Eropa melakukan investigasi soal tuduhan pembunuhan di luar hukum selama perang narkoba berlangsung di Filipina. Duterte sebelumnya menghujat Sekjen PBB dan Ban Ki-moon setelah perang narkoba yang dia kobarkan dikritik.

”Saya mengundang (Sekjen) PBB Ban Ki.... Siapa nama setan itu? ... Ban Ki-moon,” kata Duterte  seperti dikutip Reuters, Jumat (23/9/2016).

"Saya mengundang Uni Eropa, kirim pengacara terbaik dari Anda sendiri, juga pelapor, untuk datang ke Filipina. Saya akan menulis surat untuk mengundang mereka agar melakukan investigasi,” katanya lagi.

Baca:
Duterte Bakal Undang PBB dan UE Selidiki Perang Anti-Narkoba


Sejak menjabat 11 minggu yang lalu, sekitar 3.000 orang telah tewas dalam tindakan keras Pemerintah Duterte pada pengguna dan gembong narkoba. Kebanyakan korban ditembak mati orang tak dikenal yang diduga pembunuh bayaran, bukan oleh polisi Filipina.

Kepolisian Nasional Filipina (AFP) telah mengklaim perang narkoba yang dikobarkan Duterte mencapai kesuksesan. Di mana, sejak perang narkoba diluncurkan, 90 persen pasokan narkoba di Filipina berhasil dipangkas dan sekitar 700 ribu pengguna dan gembong narkoba telah menyerahkan diri ke polisi.

Baca juga:
Perang Narkoba Dikecam UE, Duterte Balas Hujat dengan Kata "F"


Kendati demikian, Duterte belum puas. Dia telah memperpanjang waktu perang narkoba hingga enam bulan ke depan.

”Saya meminta polisi untuk pergi setelah (pengedar narkoba merajalela) dan jika mereka datang dengan perlawanan dengan kekerasan, bunuh mereka,” kata Duterte.


(mas)
dibaca 15.940x
Top