ISIS Bantai 50 Warga Syiah Irak dengan Tembakan di Kepala

ISIS Bantai 50 Warga Syiah Irak dengan Tembakan di Kepala
Kelompok ISIS mengeksekusi massal warga Syiah Irak di sebelah utara Baghdad. | (Daily Mail)
A+ A-
BAGHDAD - Kelompok ISIS merilis video propaganda berupa eksekusi massal terhadap sekitar 50 warga Syiah di Irak. Para korban dibantai dengan tembakan di kepala di sebuah wilayah yang diklaim ISIS di sebelah utara Baghdad.

Para korban dipaksa berlutut di sebuah parit berpasir dan selanjutnya ditembak di kepala dari arah belakang.

Salah satu pria terlihat dalam video sempat memohon untuk dibiarkan hidup sebelum dia ditembak mati.

ISIS Bantai 50 Warga Syiah Irak dengan Tembakan di Kepala

Banyak dari korban eksekusi ISIS memiliki ID badge, yang kemungkinan bahwa mereka anggota tentara Irak. Rekaman video eksekusi kelompok ISIS atau Islamic State yang dirilis kemarin sempat dipublikasikan media Inggris, Daily Mail, sebelum akhirnya dihapus semalam (22/9/2016).
 
Sebelu dieksekusi, para korban dikumpulkan di sebuah ruangan dengan kondisi mata ditutup. Menjelang eksekusi, para eksekutor ISIS memukul para korban dengan tongkat dan salah satu dari mereka menangis saat diinterogasi.

ISIS menyebut mereka yang dieksekusi sebagai “sahwat” atau kelompok yang menerima bantuan dari Amerika Serikat (AS).

ISIS Bantai 50 Warga Syiah Irak dengan Tembakan di Kepala

Laporan lain yang dilansir Daily Mirror, menyebutkan bahwa korban eksekusi massal mencapai sekitar 100 orang baik dari kalangan militer maupun warga sipil Irak. Laporan ini menyatakan lokasi eksekusi terjadi di Al-Tharmia, sebuah kecil di sebelah utara Baghdad yang dibebaskan tentara Irak dari pendudukan ISIS pada akhir 2014.

Pemerintah maupun militer Irak belum mengkonfirmasi beredarnya video eksekusi massal kelompok ISIS itu. Militer Irak masih fokus untuk membebaskan Mosul dari pendudukan ISIS sampai akhir 2016 nanti.


(mas)
dibaca 16.871x
Top