Jet Tempur AS Dilaporkan Jatuh di Jepang

Kamis, 22 September 2016 - 18:49 WIB
Jet Tempur AS Dilaporkan Jatuh di Jepang
Jet Tempur AS Dilaporkan Jatuh di Jepang
A A A
OKINAWA - Sebuah jet tempur milik militer Amerika Serikat (AS) dikabarkan jatuh di wilayah Okinawa, Jepang. Jet tempur itu dilaporkan jatuh tidak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara AS yang berada di wilayah itu.
Menurut laporan media setempat, jet tempur yang jatuh diduga adalah jet tempur AV-8B Harrier II. Okinawa Times menyebut jet tempur jatuh di wilayah lepas pantai Okinawa, tidak jauh dari pangkalan udara AS.
Lokasi kecelakaan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (22/9), dilaporkan berada di 150 km sebelah timur dari prefektur Kunigami, yang berada di utara Okinawa.
Sementara itu, Ryukyu Shimpo dalam laporannya mengatakan, pilot pesawat nahas tersebut berhasil melontarkan diri sebelum jet itu menghantam laut. Saat ini sang pilot sudah berhasil dievakuasi oleh penjaga pantai setempat.
Penyebab jatuhnya pesawat tersebut sampai saat ini belum diketahui. Pemerintah ataupun militer AS sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai insiden ini.
AV-8B Harrier II adalah pesawat bermesin tunggal, yang mampu lepas landas dan mendarat vertikal atau pendek, dan dirancang pada 1970-an. Pesawat militer ini biasa digunakan oleh Marinir AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4146 seconds (0.1#10.140)