Bersama Kedubes AS dan AJWI, GenSindo Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

Bersama Kedubes AS dan AJWI, GenSindo Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga
Suasana pelatihan jurnlisme yang diadakan oleh GenSindo dan Kedubes AS serta AJPWI. | (Sindonews/Victor)
A+ A-
JAKARTA - GenSindo bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta dan Asosiasi Jurnalis Warga Indonesia (AJPWI) menggelar pelatihan jurnalisme warga. Pelatihan ini diikuti oleh anggota AJPWI dan GenSindo.

Atase pers Kedubes AS, John Johnsone dalam sambutannya saat membuka pelatihan tersebut menuturkan bahwa jurnalisme warga adalah hal yang sangat penting saat ini. Banyak hal yang tidak tersentuh media utama bisa disampaikan oleh pelaku jurnalisme warga.

"Jurnalisme warga sangat penting saat ini, dan akan terus bertambah penting di masa depan," kata John dalam sambutannya di Kedubes AS di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

John menceritakan saat dia melakukan kunjungan kerja ke Papua beberapa waktu lalu, banyak pelaku jurnalisme warga yang menyampaikan berita-berita yang berkualitas dengan mengangkat isu-isu yang jarang tersentuh oleh media pada umumnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina AJWI, Abdul Manan dalam sambutannya mengatakan bahwa dia berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta, dan juga bagi para seluruh pelaku jurnalisme warga.

Setidaknya akan ada empat sesi dalam pelatihan yang digelar selama satu hari ini. Sesi tersebut antara lain mengenai konsep jurnalisme warga, dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan dan juga mengenai bagaimana agar tulisan para pelaku jurnalisme warga bisa dipublikasikan oleh media utama.

Para pembicara dalam pelatihan ini antara lain wakil atase pers Kedubes AS, Alexia Branch dan koordinator GenSindo Hana Farhana.

GenSindo sendiri adalah komunitas yang dibentuk pada tahun 2013 lalu yang berada dibawah bimbingan Koran Sindo dan Sindonews.com. GenSindo beranggotakan para mahasiswa dari berbagai jurusan yang memiliki minat dalam bidang jurnalstik.


(ian)
dibaca 1.999x
Top