Rusia: Drone AS Terbang di Dekat Konvoi PBB yang Diserang

Rusia: Drone AS Terbang di Dekat Konvoi PBB yang Diserang
Rusia menyebut drone milik AS terbang di dekat konvoi bantuan PBB yang diserang. | (Istimewa)
A+ A-
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat tak berawak milik Amerika Serikat (AS) berada di daerah di mana konvoi bantuan PBB diserang. Drone tersebut muncul beberapa menit sebelum kejadian penyerangan tersebut.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov mengatakan, drone Prdator AS itu lepas landas dari pangkalan udara Incirlik di Turki. Drone tersebut tiba di lokasi beberapa menit sebelum konvoi tersebut di serang dan pergi meninggalkan daerah itu 30 menit kemudian. Ia juga mencatat jika drone tersebut dilengkapi rudal udara ke darat.

"Hanya pemilik drone ini yang tahu apa yang dilakukannya di sana pada saat kejadian itu dan tugas apa yang dilakukannya," kata Konashenkov dalam pernyataan sembari menegaskan jika Rusia tidak mengambil kesimpulan terkait kehadiran drone tersebut seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/9/2016).

Konashenkov berulang kali menolak keterlibatan Rusia dalam serangan tersebut. Ia pun mengatakan tuduhan Barat bahwa Moskow langsung atau tidak langsung bertanggung jawab adalah upaya untuk mengalihkan perhatian dari pemboman mematikan koalisi pimpinan AS terhadap tentara Suriah di dekat bandara Deir al-Zor, Sabtu lalu.

"Pesawat Rusia tidak berada di daerah itu pada saat kejadian dan tidak membuat serangan udara di sana," katanya. Ia juga mengatakan Moskow telah memberitahu AS pada malam yang sama saat kejadian berlangsung.


(ian)
dibaca 13.902x
Top