Jepang: Ancaman Nuklir Korut Telah Mencapai Dimensi yang Berbeda

Kamis, 22 September 2016 - 10:22 WIB
Jepang: Ancaman Nuklir Korut Telah Mencapai Dimensi yang Berbeda
Jepang: Ancaman Nuklir Korut Telah Mencapai Dimensi yang Berbeda
A A A
NEW YORK - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyoroti perkembangan senjata nuklir Korea Utara (Korut) dalam pidatonya di sidang Majelis Umum PBB. Menurut Abe, ambisi nuklir Korut adalah salah satu ancaman terbesar bagi perdamaian dan keamanan internasional.

Terkait dengan hal tersebut, Abe mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menanggapi uji coba nuklir terbaru Korut dengan cara yang sama sekali berbeda dari tanggapan yang diberikan sejauh ini.

Abe mangatakan, dalam tahun ini saja, lebih dari 21 rudal balistik diluncurkan oleh Korut dimana beberapa dari mereka mencapai perairan dalam zona ekonomi eksklusif Jepang atau 200 mil laut dari pantainya.

"Ini murni soal nasib baik yang didapatkan pesawat komersial atau kapal yang tidak mengalami kerusakan dalam insiden tersebut," kata Abe seperti dikutip dari CNN, Kamis (22/9/2016).

"Tidak ada alternatif selain mengatakan bahwa ancaman saat ini telah mencapai dimensi yang sama sekali berbeda dari apa yang terjadi sampai sekarang," imbuhnya sembari mendesak PBB untuk menunjukkan sikap yang jelas terhadap ancaman nuklir Korut.

Pyongyang mengklaim telah sukses melakukan uji coba hulu ledak nuklir awal bulan ini, sedangkan pada minggu ini mereka menguji tipe baru dari mesin roket bertenaga tinggi dari jenis yang dapat digunakan untuk rudal balistik antarbenua.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3132 seconds (0.1#10.140)