Disalahkan AS Atas Serangan Konvoi PBB, Rusia Murka

Rabu, 21 September 2016 - 12:32 WIB
Disalahkan AS Atas Serangan Konvoi PBB, Rusia Murka
Disalahkan AS Atas Serangan Konvoi PBB, Rusia Murka
A A A
MOSKOW - Rusia mengaku marah besar dengan tudingan yang disampaikan oleh Amerika Serikat (AS). Washington menuding Moskow sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan konvoi bantuan kemanusiaan PBB di Aleppo, Suriah.
Moskow menuturkan, pernyataan yang dilontarkan AS tersebut adalah sesuatu yang tidak berdasar. Mereka juga mengatakan, pernyataan itu hanyalah pengalih isu, dan upaya AS untuk melindungi kelompok-kelompok radikal di Suriah.
"Kami memperhatikan dengan penuh kemarahan terhadap upaya untuk melindungi bandit dan teroris, dan menyalahkah Rusia atas serangan tersebut," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Manila Times pada Rabu (21/9).
"Tuduhan yang tidak berdasar dan terburu-buru tampak dirancang untuk mengalihkan perhatian dunia dari kesalahan aneh yang dibuat oleh pilot koalisi," sambungnya, merujuk pada serangan terhadap pasukan Suriah oleh koalisi pimpinan AS.
Sebelumnya, wakil Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih Ben Rhodes menyatakan, Rusia bertanggung jawab atas serangan udara terhadap konvoi bantuan kemanusiaan PBB di Suriah. Rhodes menyebut insiden itu sebagai tragedi kemanusiaan terbesar.
"Kami berpendapat pemerintah Rusia yang bertanggung jawab atas serangan udara di wilayah tersebut, mengingat bahwa komitmen mereka berdasarkan perjanjian penghentian permusuhan adalah menghentikan operasi udara, di mana bantuan kemanusiaan disalurkan," kata Rhodes.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4269 seconds (0.1#10.140)