Malaysia Sebut 22 Potongan Puing Terkait MH370 Telah Ditemukan

Sabtu, 17 September 2016 - 05:31 WIB
Malaysia Sebut 22 Potongan Puing Terkait MH370 Telah Ditemukan
Malaysia Sebut 22 Potongan Puing Terkait MH370 Telah Ditemukan
A A A
KUALA LUMPUR - Seorang pejabat Malaysia mengatakan 22 potongan puing pesawat telah ditemukan sejauh di sepanjang pantai dari Afrika Selatan, Mozambik, Mauritius dan Tanzania. Dari jumlah itu, dua telah dikonfirmasi sedangkan empat lainnya hampir pasti menjadi bagian dari pesawat MH370.

Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai membuat pernyataan itu sehari setelah sepotong puing bagian pesawat dikonfirmasi bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370. Potongan pesawat itu ditemukan di pulau Pemba, di lepas pantai Tanzania pada bulan Juni tahun ini seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (17/9/2016).

Baca juga:
Penyidik Pastikan Sayap Pesawat di Tanzania Milik MH370


Liow mengatakan, bersama dengan flaperon pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion Prancis bulan Juli tahun lalu, keduanya bisa membantu peneliti untuk mengungkap bagaimana apa sebenarnya yang terjadi terhadap pesawat yang hilang itu.

Terlepas dari dua puing yang telah dikonfirmasi dan empat lainnya yang mempunyai kemungkinan tertinggi, Liow mengatakan sisanya sulit ditentukan karena tidak ada nomor seri atau rincian lainnya. Menurut ringkasan laporan yang diposting online oleh pemerintah Malaysia pada bulan Agustus, lebih dari selusin item dari potongan-potongan yang ditemukan berada "di bawah evaluasi."

Mengutip Biro Keselamatan Transportasi Australia, Liow menambahkan pola hanyut puing menunjukkan bahwa operasi pencarian berada dalam area yang tepat. Untuk saat ini, pencarian pesawat yang hilang telah mencakup lebih dari 110.000 kilometer persegi di bagian selatan Samudra Hindia, lepas pantai barat Australia.

Pemerintah Malaysia, Australia dan Cina bersama-sama mengumumkan pada bulan Juli lalu bahwa operasi pencarian akan dihentikan setelah selesainya daerah pencarian saat ini, tapi berjanji untuk melanjutkan pencarian jika bukti baru muncul.

Baca juga
Dua Tahun Hilang, Pencarian MH370 Dihentikan Sementara
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3382 seconds (0.1#10.140)