Warga Meksiko Turun ke Jalan Tolak Pernikahan Sejenis

Minggu, 11 September 2016 - 13:44 WIB
Warga Meksiko Turun ke Jalan Tolak Pernikahan Sejenis
Warga Meksiko Turun ke Jalan Tolak Pernikahan Sejenis
A A A
MEXICO CITY - Puluhan ribu orang dari seluruh Meksiko turun ke jalan dan melakukan long march untuk memprotes pernikahan sesama jenis. Mereka menentang usulan Presiden Enrique Peña Nieto untuk mengakui pernikahan sesama jenis di seluruh negara itu.

Aksi demontrasi itu dimotori oleh Front Nasional untuk keluarga, sebuah koalisi yang terdiri dari organisasi masyarakat sipil dan berbagai kelompok agama. Aksi demonstrasi ini dilakukan sepanjang hari dari Meksiko utara hingga ke Semenanjung Yucatan.

Hingga siang hari, sekitar 40 ribu orang berkumpul di kota Querétaro di Meksiko tengah. Demonstran berjalan hingga 3 sampai 4 kilometer melakukan aksi damai melalui kota dan menjadikan aksi ini salah satu yang terbesar di negara itu.

"Saya pikir ini adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, kebangkitan masyarakat dari Querétaro dalam membela keluarga," kata Jose Alcantara, penggagas aksi demonstras ini dari Front Nasional untuk Keluarga. Ia menambahkan kelompok itu berniat mengumpulkan lebih dari 100 ribu tanda tangan untuk menolak wacana Presiden Meksiko seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (11/9/2016).

Mahkamah Agung Meksiko tahun lalu mengatakan bahwa undang-undang yang membatasi pernikahan antara laki-laki dan perempuan inkonstitusional. Namun, banyak badan legislatif negara bagian yang tidak merubah statuta mereka untuk mematuhi putusan tersebut, yang berarti pasangan yang ingin menikah harus mengajukan permintaan secara hukum untuk menikah.

Pernikahan sesama jenis sendiri di Meksiko masih di larang di 31 negara bagian Meksiko. Pernikahan sesama jenis hanya diizinkan di Mexico City, serta di beberapa negara termasuk Coahuila, Quintana Roo, Jalisco, Nayarit, Chihuahua dan Sonora. Presiden Peña Nieto mengusulkan perubahan konstitusi untuk memungkinkan pernikahan sesama jenis dilakukan secara nasional.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4549 seconds (0.1#10.140)