Pasukan Libya Siapkan Serangan Pamungkas Usir ISIS dari Sirte

Kamis, 01 September 2016 - 04:32 WIB
Pasukan Libya Siapkan Serangan Pamungkas Usir ISIS dari Sirte
Pasukan Libya Siapkan Serangan Pamungkas Usir ISIS dari Sirte
A A A
TRIPOLI - Setelah 3,5 bulan terlibat pertempuran, kini perang merebut kembali kota yang berada di pesisir itu sedang berada di titik akhir. Pasukan Libya tengah mempersiapkan serangan terakhir untuk mengusir ISIS dari Sirte.

Sejumlah tank pasukan Libya telah berada di posisi baru, menanti perintah untuk melakukan serangan. Sedangkan didepan mereka, militan ISIS menyebarkan ranjau, penembak jitu, dan bomber bom bunuh diri untuk mempertahankan wilayah mereka yang terus menyusut.

"Fakta bahwa mereka menggunakan ranjau sedemikian rupa menunjukkan mereka telah lemah sekarang. Ini adalah kesempatan terakhir mereka," kata seorang komanda lapangan pasukan Libya, Ahmed Alramali seperti disitat dari Reuters, Kamis (1/9/2016).

Kepala intelijen militer Libya di Misrata, Ismail Shukri mengatakan, pasukannya berhasil menemukan salinan perintah taktik yang digunakan pasukan ISIS. Pasukan ISIS diperintahkan untuk mundur sebelum mereka meluncurkan serangan bom mobil.

"Ketika pasukan kami berkumpul, militan ISIS akan mundur untuk meluncurkan serangan bom mobil. Ketika pejuang kami maju maka mereka akan menjadi sasaran empuk. ISIS mengandalkan ranjau, penembak jitu dan berondongan tembakan, tetapi mereka tidak pernah menggunakan garis pertahanan untuk terlibat langsung dalam pertempuran," jelas Shukri.

Jika Sirte berhasil direbut maka ini akan sejalan kemunduran yang diderita ISIS di Suriah dan Irak. Namun, kampanye untuk merebut Sirte ini sempat terhenti untuk memulihkan kembali kekuatan militer dan rumah sakit berjuang untuk memulihkan tentara yang terluka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5322 seconds (0.1#10.140)