Michel Temer Dilantik Jadi Presiden Brazil yang Baru

Kamis, 01 September 2016 - 04:09 WIB
Michel Temer Dilantik Jadi Presiden Brazil yang Baru
Michel Temer Dilantik Jadi Presiden Brazil yang Baru
A A A
BRASSILIA - Wakil Presiden Brazil, Michel Temer, dilantik menjadi Presiden negara itu menggantikan Dilma Rousseff. Pelantikan itu dilakukan beberapa jam setelah Senat memakzulkan Dilma Rousseff.

Didampingi oleh para pemimpin dari kedua majelis Kongres dan kabinet, Temer diambil sumpahnya sebagai Presiden. Ia tidak membuat pernyataan apapun dan diharapkan dapat mengatasi permasalahan Brazil seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Kamis (1/9/2016).

Politisi berusia 75 tahun itu sebelumnya telah bertindak sebagai presiden sementara sejak Mei lal. Saat itu, Senat membekukan jabatan presiden yang dipegang Rousseff hingga berlangsungnya sidang pemakzulan.

Sebelumnya, Senat Brazil memutuskan untuk memakzulkan Dilma Rousseff dari kursi presiden lewat mekanisme voting. Sebanyak 61 orang setuju memakzulkan Rousseff berbanding 21 orang yang menolaknya.

Rousseff dinilai secara ilegal telah menggunakan uang dari bank negara untuk meningkatkan belanja publik. Wanita berusia 68 tahun itu telah berupaya agar Mahkamah Agung menghentikan proses impeachment terhadap dirinya, tapi langkah itu ditolak.

Rousseff menjadi Presiden Brazil pertama yang digulingkan sejak 1992 dan mengakhiri kekuasaan selama 13 tahun kelompok sayap kiri di Brazil.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4745 seconds (0.1#10.140)