Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan

Kamis, 22 Juni 2023 - 18:31 WIB
loading...
Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan
Surat Al-Ikhlas adalah salah satu surat yang agung dan menyamai sepertiga Al-Quran. Foto/ist
A A A
Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 lengkap Arab dan latin beserta keutamaannya penting ditadaburi umat Islam. Surat ini termasuk surat yang agung dalam Al-Qur'an.

Meski tergolong surat pendek, Surat Al-Ikhlas setara dengan sepertiga Al-Qur'an. Dinamakan Al-Ikhlas (الإخلاص) karena surat ini sepenuhnya menegaskan kemurnian keesaan Allah Ta'ala. Surat ni diturunkan di Makkah terdiri 4 ayat, 15 kalimat dan 47 huruf dan merupakan surah ke-112 dalam dalam mushaf Al-Qur'an.

Keutamaan
Surat Al-Ikhlas memiliki keutamaan menyamai sepertiga Al-Qur'an. Selain itu menjadi wasilah masuk surag bagi yang suka membacanya. "Abu Hurairah datang bersama Rasulullah SAW, lalu Beliau mendengar seorang laki-laki membaca surat Al-Ikhlas: "Qul huwallahu ahad, Allahush-shamad lam yalid walam yulad walam yakullahu kufuwan ahad." Rasulullah SAW kemudian bersabda: 'Wajib baginya'. Aku bertanya, 'Apa yang wajib bagi dia wahai Rasulullah?' Beliau SAW menjawab: "Surga." (Hadis Sunan An-Nasa'i 984)

Keutamaan lain sebagai perlindungan dari segala Keburukan. Abdullah bin Khubaib meriwayatkan, "Kami pernah keluar rumah di malam yang gelap untuk mencari Rasulullah SAW agar mendoakan kami. Setelah bertemu, beliau berkata, "Bacalah!" Namun aku tidak mengucap apa pun. Lalu baginda Nabi berkata lagi, "Bacalah!" Maka aku bertanya, "Apa yang harus aku baca, wahai Rasulullah?" Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Surat Al-Ikhlas dan Al-Mu'awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) pada sore dan pagi hari, niscaya ia akan melindungimu dari segala sesuatu." (HR at-Tirmidzi)

Berikut Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 lengkap Arab, latin dan terjemahan:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌

Qul Huwal laahu Ahad.
1. "Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa."

اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌

Allaahuush-Shomad.
2. "Allah tempat meminta segala sesuatu."

لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ

Lam yalid wa lam yuulad.
3. "(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan."

وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Wa lam yakul-lahu kufuwan Ahad.
4. "Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)