Delapan Tentara Paraguay Tewas Disergap Kelompok Pemberontak

Minggu, 28 Agustus 2016 - 05:02 WIB
Delapan Tentara Paraguay Tewas Disergap Kelompok Pemberontak
Delapan Tentara Paraguay Tewas Disergap Kelompok Pemberontak
A A A
ASUNCION - Sebanyak delapan tentara Paraguay tewas setelah disergap kelompok pemberontak yang dikenal dengan nama Tentara Rakyat Paraguay atau EPP, pada hari Sabtu. EPP merupakan kelompok gerilyawan sayap kiri yang terbentuk satu dekade lalu.

Menurut pejabat militer, para pasukan Paraguay yang tewas adalah bagian dari unit militer yang dibentuk pemerintah tahun 2013 untuk memerangi EPP.

”Pada sekitar pukul 09.00 pagi ini (kemarin) patroli rutin (tentara Paraguay) jadi objek serangan di sebuah jalan di kawasan Arroyito. Para penyerang meledakkan bahan peledak pada truk yang melintas dan kemudian melakukan serangan bersenjata secara pengecut kepada prajurit yang terluka,” bunyi pernyataan Kementerian Dalam Negeri Paraguay dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Minggu (28/8/2016).

Lokasi penyergapan berlangsung di jalan pedesaan sekitar 450 kilometer (280 mil) sebelah utara Ibu Kota Asuncion, wilayah di mana EPP dikenal beroperasi.

EPP selama ini kerap meninggalkan pamflet di lokasi serangan. Namun, pihak berwenang Paraguay belum menemukan pamlet EPP.

Menteri Dalam Negeri Paraguay, Francisco de Vargas, mengatakan kepada stasiun radio lokal bahwa cara serangan dengan menggunakan bahan peledak di jalanan merupakan ciri khas dari EPP. ”Hal ini sangat mungkin bahwa itulah yang terjadi," katanya.

EPP telah disalahkan oleh otoritas setempat untuk serangkaian penculikan, pembunuhan dan serangan di wilayah Paraguay utara. Kawasan itu didominasi para peternakan sapi, buruh miskin dan pelaku bisnis ganja ilegal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4038 seconds (0.1#10.140)