Parlemen Tunisia Setuju Pemerintahan Persatuan Youssef Chahed

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 10:38 WIB
Parlemen Tunisia Setuju Pemerintahan Persatuan Youssef Chahed
Parlemen Tunisia Setuju Pemerintahan Persatuan Youssef Chahed
A A A
TUNIS - Parlemen Tunisia memutuskan untuk menyetujui pemerintah baru yang mulai menjabat beberapa hari ke depan. Pemerintah persatuan, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Youssef Chahed, didukung oleh 167 anggota parlemen dari 217 kursi.

Pemerintah persatuan bentukan Youssef Chahed ini termasuk kelompok Islam, kelompok kiri, serikat, dan independen. Chahed (40) akan menjadi perdana menteri termuda Tunisia sejak negara itu merdeka dari Prancis pada tahun 1956.

Chahed memperingatkan parlemen bahwa program penghematan, dengan mem-PHK sektor publik dan kenaikan pajak, akan terelakkan jika Tunisia tidak mengatasi kesulitan ekonominya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (27/8/2016).

Chahed terpilih menjadi Perdana Menteri menggantikan pendahulunya Habib Essid yang dilengserkan dalam mosi tidak percaya bulan lalu. Essid, yang menjabat selama kurang dari 2 tahun, menghadapi kritika dari lawan-lawan politiknya atas kegagalannya mendorong reformasi ekonomi.

Penganguran telah memburuk sejak revolusi 2011, ketika Presiden Zine al-Abidine Ben Ali digulingkan. Lebih dari sepertiga anak muda Tunisia tidak bekerja.

Revolusi Tunisia adalah pemicu fenomena Arab Spring yang melanda sejumlah negara di Timur Tengah serta Afrika, dan sering dipuji sebagai yang paling sukses dimana saat ini negara itu menjalankan sistem demokrasi parlementer.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3708 seconds (0.1#10.140)