Selidik Aksi Kudeta, Turki Siap Bekerjasama dengan Dewan Eropa

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 15:49 WIB
Selidik Aksi Kudeta, Turki Siap Bekerjasama dengan Dewan Eropa
Selidik Aksi Kudeta, Turki Siap Bekerjasama dengan Dewan Eropa
A A A
BERLIN - Sekretaris Jenderal Dewan Eropa (CoE), Thorbjørn Jagland mengatakan, otoritas Turki siap untuk bekerjasama dengan pihaknya untuk menyelidiki kudeta pada bulan Juli lalu. Pada 15 Juli lalu, Turki dilanda kudeta yang dilakukan sekelompok kecil tentara.

"Ankara bermaksud untuk bekerjasama dengan Dewan Eropa dalam penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap (aktivitas) pada pelaku kudetan. Tetapi, Eropa juga harus memberikan kontribusi," kata Jagland seperti dikutip Sputniknews dari surat kabar Jerman, Die Welt, Jumat (26/8/2016).

Jagland menambahkan bahwa para ahli CoE akan segera bertemu dengan pejabat Turki guna membahas kemungkinan untuk menghormati hak-hak orang yang dituduh terlibat dalam kudeta.

Sebelumnya, pada bulan Agustus lalu, Jagland telah mengunjungi Turki. Saat itu, ia mengutuk aksi kudeta yang terjadi tetapi menekankan dibutuhkannya penyelidikan terhadap hal itu sesuai dengan aturan hukum.

Sedikitnya 240 orang tewas dalam aksi kudeta yang hanya berlangsung selama satu hari di Turki. Setelah itu ribuan orang ditangkap atau dijatuhi hukuman. Turki menuding tokoh oposisi Fethullah Gulen sebagai dalang dalam peristiwa itu. Namun tuduhan itu dibantah oleh Gulen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)