AS Tak Terima Kapal Perangnya Dicegat Kapal-kapal Iran

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 01:56 WIB
AS Tak Terima Kapal Perangnya Dicegat Kapal-kapal Iran
AS Tak Terima Kapal Perangnya Dicegat Kapal-kapal Iran
A A A
WASHINGTON - Pihak Gedung Putih Amerika Serikat (AS) mengatakan, tindakan pencegatan kapal perang perusak USS Nitze oleh empat kapal Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) di Selat Hozmuz tidak bisa diterima. Demikian disampaikan juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, hari Kamis.

Kapal-kapal IRGC pada hari Selasa mencegat kapal USS Nitze dengan kecepatan tinggi dan hanya berjarak 300 yard atau sekitar 274 meter. Pejabat Pentagon yang berbicara dengan syarat anonim itu menyebut manuver kapal-kapal Iran sebagai insiden “tidak aman dan tidak profesional”.

“Tidak jelas apa maksud dari kapal Iran itu, tapi perilaku ini tidak dapat diterima,” kata Earnest kepada wartawan.

”Jenis-jenis tindakan seperti ini memiliki potensi meningkatkan ketegangan yang semestinya tidak perlu,” lanjut Earnest, seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (26/8/2016).

Baca:
Kapal Iran Cegat Kapal Perusak AS dengan Kecepatan Tinggi


Akibat pencegatan tersebut, kapal perang AS mengubah jalur untuk mengindari insiden berbahaya. AS menegaskan kapal perangnya berlayar di peraian internasional di Selat Hormuz.

Namun, IRGC curiga terhadap aktivitas militer AS di dekat perbatasan Iran. Pasukan Iran telah dikerahkan dalam latihan perang yang kerap digelar di kawasan Teluk.

Insiden laut antara AS dan Iran pernah terjadi pada bulan Januari lalu, di mana IRGC menahan 10 pelaut AS dengan dua kapal patrolinya yang memasuki wilayah perairan Iran secara ilegal. Namun, 10 pelaut AS itu kemudian dibebaskan 15 jam kemudian melalui lobi yang dilakukan Pemerintah Obama.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3836 seconds (0.1#10.140)