WikiLeaks Bakal Rilis Data Kampanye milik Hillary

Kamis, 25 Agustus 2016 - 17:01 WIB
WikiLeaks Bakal Rilis Data Kampanye milik Hillary
WikiLeaks Bakal Rilis Data Kampanye milik Hillary
A A A
LONDON - Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, mengatakan bahwa situs miliknya berencana merilis sejumlah dokumen terkait Hillary Clinton. Dokumen-dokumen tersebut berisi data signifikan terkait dengan kampanye calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat itu.

Saat ditanya apakah data tersebut dapat merubah jalannya pemilu di AS, Assange menjawab: "Saya pikir itu akan signifikan. Anda tahu, ini semua tergantung seantusias apa masyarakat dan media terhadap data ini," katanya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/8/2016).

Ketika ditanya perbandingan data yang akan disebar dengan sejumlah dokumen yang sebelumnya telah disebar, Assange mengatakan: "Saya tidak hanya memberikan sebuah permainan, tetapi ini terdiri dari beragam dokumen, dari berbagai macam institusi yang berhubungan dengan kampanye pemilu, beberapa bahkan memberikan sudut pandang yang tidak terduga, beberapa sangat menarik, beberapa bahkan terlihat sangat menghibur."

Pada bulan Juli lalu, WikiLeaks membocorkan sejumlah email dari petinggi Partai Demokrat jelang pengumuman Hillary menjadi calon presiden yang akan diusung partai itu. Bocoran email itu berisi bagaimana tidak netralnya petinggi Partai Demokrat dan cenderung memilih Hillary ketimbang Bernis Sanders. Inisiden ini memaksa Ketua Komite Nasional Partai Demokrat, Debbie Wasserman Schultz, mengundurkan diri.

WikiLeaks selama ini kerap membocorkan sejumlah dokumen sensitif. Pada tahun 2010, situs ini menerbitkan dokumen disklasifikasi militer AS dan dokumen diplomatik yang menjadi salah satu kebocoran informasi terbesar dalam sejarah AS.

Assange sendiri lima tahun terakhir tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris. Hal itu dilakukannya untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana dia menghadapi tuduhan penyerangan seksual. Dia menyangkal tuduhan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3794 seconds (0.1#10.140)