Terungkap! 83 KK yang Tinggal di Kolong Tol Angke Korban Gusuran Kalijodo

Kamis, 22 Juni 2023 - 07:25 WIB
loading...
Terungkap! 83 KK yang Tinggal di Kolong Tol Angke Korban Gusuran Kalijodo
Pemkot Jakarta Barat mendata sebanyak 88 KK yang tinggal di Kolong Tol Angke 2, Grogol Petamburan, Jakarta Barat merupakan korban gusuran Kalijodo. Foto: MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Barat mendata sejumlah warga yang tinggal di Kolong Tol Angke 2, Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Data terkini, sebanyak 83 kepala keluarga (KK) terdata tinggal di permukiman tersebut.

”Rekap terdata total 83 KK, DKI Jakarta 52 KK, Non DKI Jakarta 31 KK, sementara itu dulu,” kata Lurah Jelambar Baru Danur Sasono dalam keterangannya, Kamis (22/6/2023).

Danur menjelaskan, mayoritas warga yang berstatus Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta itu berasal dari sejumlah wilayah di Jakarta Barat seperti kecamatan Grogol Petamburan, Tambora, dan Kalideres.



”Yang dari luar Jakarta ada yang dari Ciamis, Tegal, Tangerang, dan Sukabumi,” bebernya.

Sebagian warga yang tinggal di lokasi tersebut merupakan korban gusuran saat pembangunan Taman Kalijodo. Mereka sudah tinggal kurang lebih 7 tahun di pemukiman liar tersebut. Lahan yang ditempati warga tersebut milik PT Jasa Marga.

Sehingga, persoalan terkait relokasi akan dibahas dalam rapat antara Pemkot Jakarta Barat dan PT Jasa Marga. ”Jadi kalau tugas kita, maping yang di dalam situ. Di situ siapa aja, baru bisa keliatan yang mana pendatang dan berKTP DKI,” pungkasnya.



Sebagaimana diketahui, belum lama ini viral sebuah video yang memperlihatkan pemukiman tak lumrah yang berada di Ibu Kota Jakarta. Video tersebut terlihat pada salah satu unggahan akun instagram @irfan.jayani.

Permukiman itu diketahui berada di Kolong Tol Angke, Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Pria dengan nama Irfan Jayani atau akrab disapa dengan Bang Brew ini terlihat memasuki pemukiman tersebut dan merekamnya.



Dalam video yang dibagikan, Bang Brew bahkan terlihat harus masuk dengan cara menunduk agar tidak kepentok mengingat rendahnya area kampung yang berada tepat di kolong jembatan. Terlihat beberapa warga tinggal berjejer layaknya pemukiman pada umumnya.

Suasana saat memasuki pemukiman juga terlihat gelap. Yang menarik, pemukiman itu juga memiliki fasilitas pendukung seperti sekolah. Unggahan tersebut viral dan mengundang banyak komentar warganet. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berkomentar simpati.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)