DK PBB Gelar Pertemuan Bahas Peluncuran Rudal Korut

Kamis, 25 Agustus 2016 - 09:18 WIB
DK PBB Gelar Pertemuan Bahas Peluncuran Rudal Korut
DK PBB Gelar Pertemuan Bahas Peluncuran Rudal Korut
A A A
NEW YORK - Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan tertutup atas permintaan Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Pertemuan tertutup ini digelar untuk membahas peluncuran rudal balitik terbaru yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut).

Wakil Dubes Rusia di PBB, Petr Iliichev mengatakan, AS berjanji untuk memberikan pernyataan pers terkait masalah tersebut, tetapi ia belum melihat draftnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/8/2016).

Korut menembakkan rudal dari kapal selam pada Rabu kemarin dan terbang sejauh 500 km menuju Jepang. Hal itu mengindikasikan peningkatan kemampuan teknologi untuk negara Asia Utara yang terisolasi dan telah melakukan serangkaian peluncuran rudal yang menyimpang dari sanksi PBB.

Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB tidak bisa mengutuk peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korut pada awal bulan ini yang mendarat di dekat Jepang. Pasalnya, China menginginkan pernyataan itu juga menentang penyebaran sistem pertahanan anti rudal AS di Korea Selatan.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, lewat juru bicaranya Stephan Dujarric, menyatakan bahwa peluncuran itu sangat mengganggu dan mendesak Korut untuk menurunkan tensi dan kembali ke pembicaraan tentang desentralisasi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8047 seconds (0.1#10.140)