KBRI Roma: 65 WNI Tinggal di Area Pusat Gempa, Semua Selamat

Kamis, 25 Agustus 2016 - 01:06 WIB
KBRI Roma: 65 WNI Tinggal di Area Pusat Gempa, Semua Selamat
KBRI Roma: 65 WNI Tinggal di Area Pusat Gempa, Semua Selamat
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma, mengatakan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang jadi korban meninggal akibat gempa hebat di Italia. Menurut KBRI Roma, ada 65 WNI yang tinggal di area pusat gempa.

KBRI Roma, dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Kamis (25/8/2016), gempa di Italia tengah terjadi pada hari Rabu pukul 03.36 waktu setempat dengan kekuatan 6 skala richter (SR).

“Gempa tersebut diikuti beberapa gempa susulan dengan kekuatan antara 5,4–3 SR. Guncangan gempa telah mengakibatkan kerusakan berat pada bangunan-bangunan yang berada di wilayah Accumoli, Amatrice dan Arquata del Tronto, ketiganya masuk Propinsi Rieti, Region Umbria, Italia tengah,” kata pihak KBRI Roma.

Baca:
Gempa Bikin Kota di Italia Terbelah Dua, Korban Tewas 73 Orang


Meski media-media Italia melaporkan 73 orang meninggal dalam musibah besar ini, namun data KBRI Roma menyebut korban meninggal untuk sementara mencapai 22 orang. Rinciannya, enam orang di Accumoli, lima orang di Amatrice dan 11 orang di Pescara del Tronto.

“Belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Italia mengenai jumlah korban dan kerugian yang ditimbulkan. Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban dalam peristiwa ini. KBRI Roma dan KBRI Vatikan terus melakukan kontak dengan WNI di sekitar lokasi gempa,” lanjut KBRI Roma.

Masih menurut data KBRI Roma, ada 65 orang WNI yang tinggal di wilayah pusat gempa, di mana mayoritas berada di Perugia, 140 km dari Amatrice. Hingga Juli 2016 tercatat ada 2.140 WNI yang bermukim di Italia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4039 seconds (0.1#10.140)