Turki: AS Tidak Punya Alasan untuk Pertahankan Gulen

Rabu, 24 Agustus 2016 - 20:42 WIB
Turki: AS Tidak Punya Alasan untuk Pertahankan Gulen
Turki: AS Tidak Punya Alasan untuk Pertahankan Gulen
A A A
ANKARA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) sudah tidak lagi memiliki alasan untuk terus mempertahankan Fethullan Gulen. Hal itu disampaikan oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Erdogan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (24/8) menuturkan, dia akan mengatakan hal tersebut secara langusung kepada wakil Presiden AS Joe Biden. Biden dijadwalkan akan tiba di Ankara pada hari ini.

Di kesempatan yang sama, Erdogan menambahkan akan terus memberikan AS dokumen yang dibutuhkan, sampai akhirnya Gulen diekstradisi ke Tukri. Dia juga menyebut terus mempertahankan Gullen hanya akan membawa dampak negatif pada hubungan Turki dan AS.

"Turki akan terus memberikan para pejabat di AS dokumen-dokumen untuk menuntut ekstradisi Fethullah Gulen, yang tinggal di pengasingan di AS. Turki dan AS adalah mitra strategis dan terus mempertahankan Gulen tidak akan memberikan keuntungan kepada AS," kata Erdogan.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, Turki secara resmi telah meminta ekstradisi terhadap ulama dan tokoh oposisi Fethullah Gulen. Namun, permintaan ekstradisi itu tidak terkait dengan upaya kudeta baru-baru ini.

Kepada wartawan Toner menjelaskan, bahwa permintaan resmi ekstradisi terhadap Gulen yang diajukan Turki tidak terkait dengan kudeta tetapi terkait dengan isu lain dimana Gulen tengah dicari oleh pihak berwenang di Ankara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3296 seconds (0.1#10.140)