Turki Mulai Lancarkan Operasi Darat ke Suriah

Rabu, 24 Agustus 2016 - 13:34 WIB
Turki Mulai Lancarkan Operasi Darat ke Suriah
Turki Mulai Lancarkan Operasi Darat ke Suriah
A A A
ANKARA - Militer Turki dilaporkan telah memulai operasi darat di Turki untuk memberangus ISIS, al-Nusra dan kelompok lain yang dianggap teroris oleh Ankara. Operasi ini dimulai dengan mulai masuknya sejumlah besar pasukan Turki ke wilayah Suriah.

"Sekelompok unit pasukan khusus Turki telah menyeberang ke Suriah utara, tetapi serangan darat belum dimulai. Pasukan yang sudah dikirim masih berusaha untuk membuka jalan," kata seorang pejabat keamanan Turki yang berbicara dalam kondosi anonim.

Sementara itu, seorang sumber lainnya seperti dilansir Reuters pada Rabu (24/8), menuturkan bahwa tujuan dari operasi ini bukan hanya untuk memberangus ISIS dan kelompok teroris lainnya. Tapi, ini juga dilakukan untuk mengamankan wilayah perbatasan.

"Tujuan operasi ini adalah untuk memastikan keamanan perbatasan dan integritas wilayah Suriah, sekaligus mendukung operasi yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) melawan ISIS," ucap sumber itu.

Tanda-tanda Turki akan segera melancarkan operasi darat di Suriah sejatinya sudah terlihat sejak kemarin. Dimana, Turki memerintahkan warga di sebuah kota yang bersebrangan dengan kota Suriah Jarabulus yang dikendalikan oleh ISIS untuk mengungsi. Polisi meminta warga kota Karkamis mengungsi untuk alasan keamanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4855 seconds (0.1#10.140)