Gempa Italia Hancurkan Sejumlah Bangunan, 6 Diyakini Tewas

Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:34 WIB
Gempa Italia Hancurkan Sejumlah Bangunan, 6 Diyakini Tewas
Gempa Italia Hancurkan Sejumlah Bangunan, 6 Diyakini Tewas
A A A
ROMA - Gempa kuat yang mengguncang Italia meluluhlantakkan sejumlah bangun, membuat sejumlah warga terjebak dan menyebabkan sejumlah lainnya berlari ke jalan-jalan untuk menyelamatkan diri. Setidaknya diyakini enam orang tewas bencana yang terjadi pada pagi hari itu.

Juru bicara Departemen Kebakaran, Luca Cari, kota-kota yang menderita kerusakan paling parah adalah Accumoli, Amatrice, Posta dan Arquata del Tronto. Pihak Departemen Kebakaran telah mengirim helikopter untuk memantau sejauh mana kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa berkekuatan 6,2 SR itu.

Walikota Accumoli mengatakan sejumlah bangunan mengalami kerusakan parah. "Empat orang berada di bawah reruntuhan, tetapi mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Dua orang tua dan dua anak," kata Walikota Stefano Petrucci laporan Reuters mengutip kantor berita Italia RAI, Rabu (24/8/2016).

Mengutip anggota polisi, RAI juga menyatakan dua orang tewas di desa dekat Pescara del Tronto. Sedangkan Walikota kota Amatrice melaporkan kerusakan yang luas. "Setengah kota hilang. Ada orang-orang di bawah reruntuhan. Tanah longsor dan jembatan akan runtuh," kata Sergio Pirozzi.

AS Geological Survey mengatakan gempa berkekuatan 6,2 menghantam dekat kota Norcia, di wilayah Umbria, di 03:36 (01:36 GMT). Badan perlindungan sipil Italia mengatakan gempa tersebut sangat "parah".

Gempa besar terakhir untuk memukul Italia melanda pusat kota L'Aquila tahun 2009, menewaskan lebih dari 300 orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3528 seconds (0.1#10.140)