Pondok Pesantren Tahfiz Darul Qur'an Tangerang Wisuda 405 Santri Penghafal Al-Qur'an

Rabu, 21 Juni 2023 - 18:20 WIB
loading...
Pondok Pesantren Tahfiz Darul Quran Tangerang Wisuda 405 Santri Penghafal Al-Quran
Pondok Pesantren Tahfiz Darul Quran Tangerang menggelar Wisuda Tahfizh Nasional (WTN) ke-9. Terdapat 405 santri yang diwisuda. Foto: MPI/Ist
A A A
TANGERANG - Pondok Pesantren Tahfiz Darul Qur'an Tangerang pada Sabtu (17/6/2023) lalu menggelar Wisuda Tahfizh Nasional (WTN) ke-9. Terdapat 405 santri dari tingkat pendidikan dasar hingga atas yang diwisuda.

Pendiri Ponpes Darul Qur'an Ustaz Yusuf Mansur mengatakan, pada pelaksanaan wisuda tahun ini terdapat lima kategori, yakni kategori 3 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz, hingga 30 juz.

Kategori hafalan ini dipilih berdasarkan jenjang pendidikan peserta didik. Penerima ijazah WTN dari lingkup pesantren terdiri dari 53 santri Pesantren Daqu Tangerang, 66 santri Cikarang, 6 santri Semarang, 8 santri Malang, 6 santri Lampung, 1 santri Kayong Kalimantan Utara, serta 11 santri Jambi.


Selain itu, terdapat 6 santri Daqu Muadalah Cariu, 12 santri Daarul Mansur Wanayasa Purwakarta, 4 santri Daarul Jameel Cilegon, serta masing-masing 22 santri Shigor Putra dan Putri.

"Tahun ini alhamdulillah ada 400-an santri yang mengikuti Wisuda Tahfiz Nasional di Tangerang. Mereka semua ini datang dari berbagai daerah, mulai dari tingkatan setara SD sampai tingkat atas," ujar Ustaz Yusuf Mansur dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Di sisi lain, terdapat 65 santri dari Rumah Tahfizh Daarul Qur’an yang menerima ijazah WTN. Dari lingkup perguruan tinggi Daarul Qur’an ada tiga mahasiswa Institut Daarul Qur’an Jakarta serta 1 mahasiswa STMIK Antar Bangsa.

“Kebanggaan bagi para orang tua yang anaknya diwisuda. Ini aset yang benar-benar harus dijaga. Karena mereka yang tumbuh bersama Al-Our'an akan menjadi generasi yang istimewa, karena para penghafal Al-Qur'an adalah keluarga Allah SWT,” lanjutnya.

WTN merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an untuk mengukur pencapaian para santri dalam menghafal Al-Qur’an.

Setiap tahunnya para santri akan diuji dari mulai pelafalan huruf, tanda baca, hingga kekuatan menghafal. WTN Daarul Qur’an sebelumnya pernah digelar di Istora Senayan Jakarta, Balai Sudirman Jakarta, serta Masjid Istiqlal Jakarta.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)